Cara Membuat Pupuk Kompos Kotoran Jangkrik Dengan Mudah Cara Membuat Pupuk Kompos Kotoran Jangkrik Dengan Mudah | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Thursday, 27 March 2014

Dekomposer
Pupuk Kompos merupakan pupuk yang terbuat dari bahan-bahan seperti jerami, dedaunan, dan kotoran hewan yang mengalami proses dekomposisi atau pelapukan terlebih dahulu.
Kotoran jangkrikpun bisa dipergunakan sebagai pupuk, akan tetapi tidak dapat diaplikasikan langsung ke tanaman, karena sifat kotoran jangkrik ini panas dan berbahaya. Untuk menurunkan tingkat panasnya, dapat diuraikan terlebih dahulu. Maka daripada membuang kotoran jangkrik sia-sia, lebih baik kita manfaatkan sebagai pupuk kompos.
Cara Pembuatan pupuk Kotoran Jangkrik sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah. langsung aja siapkan bahan bahannya.

Bahan-bahan Pupuk Kotoran Jangkrik

Kotoran jangkrik  (1karung / 50kg)
Jerami yang dicacah terlebih dahulu kurang lebih 5-10 cm. (secukupnya)
Arang Sekam (secukupnya), Sekam yang sudah dibakar namun tidak samapi menjadi abu. lihat proses pembuatan arang sekam
Air (2 liter)
EM4 (4 tutup botol)
Gula pasir (15 sendok makan/ 100gr)
Bubuk gergaji atau bisa juga dengan dedaunan dan bahan-bahan sampah lainnya.

Alat-alat yang diperlukan
Sekop
Cangkul
Sarung tangan
kaung goni
 
pengomposan sederhana
Cara Pembuatan Pupuk Kompos Kotoran Jangkrik

1.       Siapkan media pembuatan pupuk, ditempat yang sejuk tidak terkena matahari langsung dan tidak kena hujan jika terjadi hujan.
2.       Larutkan EM4 dan gula kedalam air.
3.       Lapisan pertama, Campurkan Kotoran jangkrik dengan arang sekam kemudian aduk hingga merata, setelah itu taburkan dekomposer (EM4 dan gula yang sudah dilarutkan dalam air) tadi secukupnya aduk hingga merata.
4.       Lapisan Kedua Taburkan jerami, dedak, bubuk gergaji dan bahan-bahan lainnya hingga merata kemudian siramkan dekomoser tadi.
5.       Setelah itu tutup rapat tumpukan bahan-bahan tadi dengan rapih dengan menggunakan karung goni dan jerami.
6.       Hari Kedua aduk adonan tersebut hingga merata dan tutup kembali rapat-rapat.
7.       Lakukan monitoring setiap pagi dan sore, dengan cara memasukan tangan (dengan sarung tangan) jika tangan kita tidak kuat menahan panas adonan maka adonan belum siap dipakai. aduk setiap melakukan monitoring.

8.       Biasanya hari ke empat adonan sudah siap, cara menceknya masukan tangan anda jika bisa menahan panas adonan maka pupuk kompos Kotoran Jangkrik siap dipakai



Sumber : wikipedia

1 komentar:

Post a Comment