Gryllus Bimaculatus : The Field Crickets alias Jangkrik kalung Gryllus Bimaculatus : The Field Crickets alias Jangkrik kalung | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Monday, 10 March 2014

Gryllus Bimaculatus, si Jangkrik Kalung 
Gryllus Bimaculatus, the field cricket, begitu orang londo menyebutnya. hehehe.... Peternak lokal menyebut jangkrik ini adalah jangkrik kalung. Banyak diperjualbelikan di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Indonesia bagian timur.

Jangkrik ini dapat bertahan hidup di suhu 27-32 derajat C. Apabila terlepas di lingkungan, jangkrik ini berpotensi untuk menjadi hama, mereka akan makan segala yang ditemui apabila lapar. Kain baju, Mantel hujan, sampai kabel kecil akan mereka gerogoti.

adapun ciri-ciri si Bimaculatus ini sebagai berikut :
1. Kulit mengkilap
2. Warna coklat kehitaman
3. masa panen sekitar 25-30 hari

sebagai mana jenis jangkrik yang lain, jenis jangkrik ini mempunya nilai ekonomi yang tinggi. Produksi skala besar-besaran dilakukan didaerah Kediri, Jombang, Blitar dan Tulungagung. Hasilnya dikirim ke seluruh wilayah jawa, penyerapan terbesar di pasar burung solo dan jogja.

kelemahan dari jangkrik Bimaculatus ini adalah daya tahan tubuhnya yang rendah. Jangkrik Kalung ini hanya dapat dikirim maksimal 6-12 jam dalam perjalanan. Lebih dari itu maka jangkrik ini akan lemas dan tingkat kematiannya akan semakin besar.

Untuk budidaya dan peternakannya akan saya uraikan dalam artikel yang lain.
salam!

sumber gambar : anekahewan.blogspot.com

1 komentar:

Post a Comment