Ternak Jangkrik : Mengapa Harus Jangkrik? (Crickets Farming : Why must crickets??) Ternak Jangkrik : Mengapa Harus Jangkrik? (Crickets Farming : Why must crickets??) | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Monday, 10 March 2014

Banyak yang mencibir ketika mendengar jangkrik yang diternak atau dibudidayakan. Banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh orang awam, ini itu dan sebagainya.
Dari pengalaman saya, pertanyaan yang sering saya dengar dari teman-teman yang awam mengenai jangkrik adalah sebagai berikut :
1. Mengapa jangkrik? kog bukan ayam atau lele saja?
2. Prospek pasarnya bagaimana?
3. Berapa modal yang harus disiapkan?
4. Harganya bagaimana?
5. Menyebabkan polusi udara dan suara gak ya?
6. Perawatannya susah gak ya?

panen jangkrik (sumber: Antara foto)
Sedikit saya akan menyampaikan jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut, agar anda semua tertarik dan mau mencoba ternak jangkrik, mudah murah menguntungkan secara ekonomi.
1. Mengapa jangkrik? kog bukan ayam atau lele saja?
Jangkrik merupakan suplemen (extrafooding) bagi burung kicauan, untuk umpan mancing atau bisa juga digunakan untuk tepung jangkrik. Dengan melihat perkembangan kios-kios pakan burung yang semakin banyak dan menjamur ditiap kota di seluruh indonesia dan melihat perkembangan penghobi burung yang semakin banyak, maka jangkrik masih mampu diusahakan.

2. Prospek pasarnya bagaimana?
Lihat saja di lingkungan sekitar anda, berapa banyak teman-teman yang memelihara burung kicauan yang biasa makan jangkrik? kebutuhan tiap hari burung kicauan adalah jangkrik. prospek jangkrik yang cerah sebagai makanan burung, tentu menjadikan jangkrik sebagai tambang emas. tak heran, budidaya jangkrik memberikan keuntungan berlipat ganda bagi anda semua. Dengan ketekunan dan semangat pantang menyerah, banyak orang yang berhasil mengembangkan usaha budidaya ini, bahkan sampai menghasilkan jutaan rupiah hanya dengan jualan jangkrik saja.

3. Berapa modal yang harus disiapkan?
Modal yang harus disiapkan hanyalah box triplek, telur jangkrik dan persiapan pakan dari umur 0-panen. Untuk skala kecil, modal 1-2juta sudah bisa dimulai. Di kesempatan lain akan saya bahas perhitungan ekonomisnya.

panen jangkrik (sumber :ginanjar.blospot.com)
4. Harganya bagaimana?
Harga jangkrik di pasaran kios burung cukup stabil, antara 30-40ribu perkilo. Usahakan untuk direct selling, menjual langsung ke kios-kios pakan burung.

5. Menyebabkan polusi udara dan suara gak ya?
Jangkrik tidak menimbulkan polusi udara dan polusi suara. Kotoran jangkrik tidak berbau, beda dengan kotoran ayam atau unggas yang lainnya. Jangkrik juga dipanen sebelum mereka keluar sayap, sehingga bebas dari bising.

6. Perawatannya susah gak ya?
Perawatannya gampang, asal kita bisa mengontrol suhu dan rajin memberi makan secara teratur, dijamin jangkrik akan cepat besar dan hasil panennya memuaskan.

Demikian berbagai jawaban yang membuat anda harus beternak jangkrik. Dengan jawaban tersebut, anda dapat menyimpulkan garis besar budidaya ini.

selamat mencoba, salam!

0 komentar:

Post a Comment