seri budidaya jangkrik : AGAR JANGKRIK TAHAN BERADA DI DALAM KARUNG seri budidaya jangkrik : AGAR JANGKRIK TAHAN BERADA DI DALAM KARUNG | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Tuesday, 8 April 2014

Seringkali peternak jangkrik dipusingkan dengan kematian yang drastis apabila jangkrik dikemas ke dalam karung. Kerugian pun mengancam bila kematian diatas 50%. Hal ini banyak terjadi ketika jangkrik dikirim ke kios-kios burung yang jaraknya jauh dari lokasi panen.
 
kiriman dalam karung
Agar jangkrik tahan lama berada dalam karung dan untuk mengatasi hal tersebut perhatikan hal-hal dibawah ini:
1.       Gunakan karung yang tidak terlalu tebal
Apabila anda menggunakan karung yang tebal maka sirkulasi udara di dalam karung akan terhambat, suhu udara di dalam karung akan cepat panas sehingga jangkrik akan cepat lemas

2.       Waktu Panen
Usahakan untuk memanen jangkrik pagi-pagi sebelum matahari terbit, dan pengiriman sebelum matahari terbit (05.00-06.00), hal itu untuk menghindari paparan sinar matahari langsung ketika dalam perjalanan pengiriman.

3.       Puasakan makan sayur
1 x 24 jam sebelum dipanen, sebaiknya jangkrik dipuasakan makan sayur, cukup berikan voer jangkrik dengan porsi dobel. Hal ini untuk sedikit mengurangi kadar air dalam tubuh jangkrik sehingga apabila dikemas maka jangkrik akan sehat, lincah dan tidak gampang mati.

4.       Waktu pengiriman
Jangkrik tidak akan bertahan lama di dalam karung. Jangka waktu pengiriman hanya 6-8 jam dari tempat panen menuju tempat penjualan. Usahakan mengirim secepatnya, dan membongkar jangkrik secepatnya apabila telah sampai di kios. Jangan menunggu terlalu lama agar jangkrik anda tetap sehat

5.       Jangan memaksakan diri
Anda juga harus menganalisa kesehatan jangkrik yang akan anda panen. Apabila memang kondisi jangkrik lemas atau kurang sehat jangan memaksakan diri untuk mengemasnya dalam karung. Sebaiknya gunakan box pengiriman yang terbuat dari triplex dan ram kawat. Dengan semakin banyak rongga atau ventilasi, jangkrik akan terhindar dari kepanasan dan dehidrasi.

6.       Berdoa
Yang satu ini wajib dilakukan, karna sekeras apapun usaha kita tanpa adanya campur tangan dari Tuhan, maka akan sia-sia jua.

Selamat Mencoba, semoga sukses agan.


Butuh konsultasi gratis? Sms ke 0856 0857 5111 

1 komentar:

Post a Comment