seri budidaya jangkrik : Obat untuk jangkrik mabuk pestisida seri budidaya jangkrik : Obat untuk jangkrik mabuk pestisida | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Tuesday, 18 November 2014

tags : pakan jangkrik, keracunan jangkrik, pakan berbahaya, budidaya ternak jangkrik, budidaya efektif, wirausaha mandiri.

Dalam budidaya jangkrik terkadang kita mengalami hal yang tidak menyenangkan, diantaranya adalah box jangkrik kemasukan semut, kadal dan hewan lainnya. Atau jangkriknya keracunan sayuran yang terkontaminasi pestisida.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman mengatasi jangkrik yang terlanjur makan sayuran beracun atau sayuran yang belum bebas dari pestisida.
Indikasi jangkrik makan sayuran beracun adalah jangkrik diam seetelah makan, kemudian lama kelamaan akan lemas, bila jangkrik terlentang tidak bisa bangun lagi.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah segera membuang semua sayuran yang terindikasi terkena pestisida jauh dari jangkauan jangkrik anda. Kemudian segera berikan daun pepaya segar yang telah disemprot dengan air kelapa hijau muda. Biarkan jangkrik makan. Pepaya dan air kelapa muda dipercaya mampu menetralisir kandungan pestisida di dalam perut jangkrik.

Kemudian apabila memungkinkan segera pindahkan jangkrik yang masih sehat ke box yang lain. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan jangkrik yang masih hidup memakan bangkai jangkrik lain. Yang ditakutkan adalah jangkrik hidup itu memakan isi perut jangkrik yang mati, sehingga kadar keracunan makin parah.
Anda juga dapat memberikan semprotan air gula pada daun pepaya tersebut, hal itu berguna untuk menambah asupn glukosa untuk daya tahan tubuh jangkrik.

Tindakan preventif yang dapat anda lakukan ketika akan memberikan sayuran pada jangkrik adalah sebaiknya anda mencuci dahulu semua sayuran pakan jangkrik.

Mudah-mudahan dengan cara yang saya sebutkan diatas, jangkrik anda dapat terselamatkan. Silahkan mencoba.

0 komentar:

Post a Comment