Fluktuasi harga jangkrik ????? Fluktuasi harga jangkrik ????? | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Wednesday, 21 January 2015


Teman teman mengalami fluktuasi harga jangkrik yang gila2an? Bagi yang berada di luar pulau jawa mungkin jarang sekali mengalami hal ini. Namun bagi kami yang berkecimpung di bisnis jangkrik di pulau jawa sering mengalami hal itu.
Tiap 2-3bulan sekali, harga jangkrik panen bisa jatuh di titik terendah. 1 kilo jangkrik hanya dihargai 3-6ribu saja. Jangankan balik modal, modal yang ditanam di awal bisa tergerus 40-60%.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Analisa sederhana kami adalah karena terlalu banyak pemain dan peternak jangkrik di pulau jawa, sehingga stock lebih besar dari pada demand, permintaan pasar tetap dan stok jangkrik yang dipanen petani membludak. Akhirnya bakul (pengepul) menjual dengan harga dibawah pasaran untuk mengurangi resiko kerugian akibat jangkriknya tidak laku atau tidak terserap pasar.

Hal itu berimbas pada pembelian hasil panen ke petani yang dihargai dengan semurah-murahnya. Dengan dipanen semurah2nya alhasil petani jangkrik yang baru bermain atau yang mengalami kerugian banyak akan berhenti beternak jangkrik.
Dan ketika bulan ini berhenti ternak jangkrik, dipastikan bulan depan suplay jangkrik dari petani juga berkurang, sedangkan permintaan pasar tetap. Hal itu berimbas pada harga jangkrik di pasaran. Siapa pengepul yang punya jangkrik, pasti akan dibeli dengan harga tinggi oleh pemain / kios burung.
Perputaran siklus naik turun harga ini terus terjadi setiap tahun dengan interval 2-5bulan sekali.

So... saran saya, bijaklah dalam beternak jangkrik, pahamilah marketingnya dan jangan lupa untuk mencuri perhatian pada pasar. InsyaAllah anda tidak akan bangkrut karena usaha ini.

WASPADALAH.... WASPADALAH...

0 komentar:

Post a Comment