Pengenalan Jenis-Jenis Jangkrik di Indonesia Pengenalan Jenis-Jenis Jangkrik di Indonesia | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Wednesday, 4 May 2016

Gryllus bimaculatus

Theogryllus mitratus

telur jangkrik madu
Gryllus domesticus

artikel ini terkait dengan : jenis jangkrik petarung, jenis jangkrik untuk pakan burung, jenis jangkrik yang dibudidayakan, jenis jangkrik yang bagus. jenis jangkrik pengusir tikus, jenis jangkrik untuk ternak, jenis jangkrik ternak, jenis jangkrik yang bagus buat burung, jenis jangkrik pakan burung, jenis jangkrik kalung, jenis jangkrik adu, jenis jangkrik alam, jenis jangkrik besar


PANDUAN BUDIDAYA JANGKRIK
Rajajangkrik memberikan panduan budidaya jangkrik untuk peternak jangkrik pemula, menyediakan telur jangkrik jenis jangkrik kalung dan telur jangkrik jenis alam.

Dengan cakupan pengiriman ke seluruh indonesia, pastikan pesanan telur jangkrik anda hanya ke rajajangkrik. 

pemesanan telur jangkrik seliring/ alam / madu atau telur jangkrik kalung dapat menghubungi kami di 085608575111, 59d2f901 (Jamal Rajajangkrik)
harga Rp. 200rb/kg (belum termasuk ongkir, bergaransi)

Ingat jangkrik, ingat Rajajangkrik. Rajanya budidaya jangkrik indonesia.


Bagian 1 : Jenis-Jenis Jangkrik

Jangkrik termasuk bangsa Orthoptera, suku Gryllidae. Di Indonesia tercatat lebih kurang ada 123 jenis. Dari hasil identifikasi pada jangkrik yang dibudidayakan untuk pakan burung dan ikan ditemukan jenis Gryllus Bimaculatus, Theogryllus mitratus dan Gryllus Domesticus. Sosok ketiganya mirip.

Disini akan kami jelaskan masing-masing jenis jangkrik tersebut agar anda bisa mengenali dan memilih jenis jangkrik mana yang akan diternakkan.

1. Gryllus bimaculatus
Di indonesia jenis jangkrik ini biasa disebut dengan jangkrik kalung atau jangkrik genggong. Ciri-ciri umumnya adalah berwarna hitam, mempunyai kaki dan leher keras, setelah menetas, bayi jangkrik akan memiliki garis melingkar berwarna putih yang akan pudar ketika berumur 5hari.
Perawatan jangkrik ini tergolong cepat, dalam waktu 25-30 hari jangkrik ini dapat dipanen. Postur tubuhnya besar dan sangat berisik apabila jantan sudah mulai dewasa dan berbunyi.

Kelemahan dari jangkrik kalung ini adalah tubuhnya banyak mengandung air, rentan terhadap perubahan cuaca serta gampang mati apabila dikirim dengan perjalanan yang memakan waktu lama.

Populasi ternak jangkrik ini di Indonesia banyak terdapat di Jawa Timur, Jawa Tengah, sebagian Jawa Barat dan Jakarta.
Cocok untuk umpan mancing dan pakan burung kicauan besar (kacer, murai, cucak, dan jalak)

2. Theogryllus mitratus
Di Indonesia jangkrik ini biasa disebut jangkrik seliring atau jangkrik bering. Ciri-ciri umumnya adalah warna coklat kehitaman, mempunyai kaki dan leher lunak, garis putih melingkar di batas antara leher dan perut yang akan pudar ketika berumur 20 hari.

Perawatan jangkrik ini cenderung lambat, dapat dipanen dan dijual ketika berumur 30-35hari. Postur tubuh sedang, lebih kecil dari jangkrik kalung/genggong, bunyi tidak terlalu berisik.

Populasi ternaknya banyak terdapat di sebagian jawa timur, sebagian kecil jawa tengah, jawa barat, dan sumatera.
Jangkrik ini sangat cocok untuk pakan burung kicauan karena kadar protein yang tinggi serta ukurannya yang tidak terlalu besar, kering, tidak terlalu banyak mengandung air

3. Gryllus domesticus
Nama lainnya adalah field cricket, di Indonesia biasa disebut Jangkrik Alam / jangkrik kebon / jangkrik karet. Ciri umumnya adalah berwarna coklat kekuningan, mempunyai tubuh yang lunak, tidak mengandung banyak air serta panen yang tidak terlalu lama (28-35hari).

Populasi ternaknya di indonesia amat sedikit karena susah dibudidayakan, rentan mati dan pasar yang masih belum bisa menerima jangkrik ini.

Bagian 2 : Persiapan ternak jangkrik
Kandang jangkrik (klik untuk artikel yang lain)
Pembuatan kandang jangkrik harus memenuhi syarat ideal, kandang harus teduh, atap kandang tinggi agar tetap terjaga suhu dan kelembaban kandang, berikan ventilasi yang cukup agar sirkulasi udara lancar. Lantai kandang dari tanah langsung akan membuat kelembaban stabil.

Lingkungan kandang harus bebas dari hama jangkrik berupa tikus, ular, cicak, tokek dan semut. Sebelum box jangkrik ditempatkan di dalam kandang, sebaiknya kandang tersebut disemprot disinfektan merata, tujuannya adalah untuk meminimalisir penyebaran virus, kuman, bibit penyakit serta larva ulat atau kumbang yang dapat menjadi hama bagi jangkrik.

Selain itu lingkungan kandang harus tenang dan bebas dari bising. Suara bising dan ramai akan menyebabkan jangkrik gampang stres

(Lanjut di bagian 3 : persiapan media ternak jangkrik)

Kami menyediakan Telur Jangkrik untuk anda kembangbiakkan. Dapatkan penawaran harga spesial dari kami dengan menghubungi Bpk. Jamal Rajajangkrik 085608575111 atau pin 59d2f901.
Siap melayani pengiriman telur jangkrik dan panduan budidaya jangkrik ke seluruh indonesia.

0 komentar:

Post a Comment