4 cara panen jangkrik yang benar beserta tips dan trik panen jangkrik, 4 cara panen jangkrik yang benar beserta tips dan trik panen jangkrik, | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Monday, 24 October 2016

4 cara panen jangkrik yang benar beserta tips dan trik panen jangkrik, - Dalam ternak jangkrik cara panen jangkrik merupakan tindakan final dan terakhir ketika kita akan menjual jangkrik ke kios burung. Dalam pemanenan jangkrik kita harus mempunyai trik khusus agar jangkrik tetap sehat dan tidak gampang mati ketika kita bawa ke kios burung.


1.       Persiapan sebelum panen jangkrik
Yang perlu kita persiapkan sebelum panen jangkrik adalah alat-alat untuk panen jangkrik. Petani jangkrik biasa menggunakan ember dan bak ukuran besar untuk menampung jangkrik dari kotak pembesarannya sebelum ditimbang. Selain itu digunakan media timbangan sebagai penentu bobot jangkrik sebelum dimasukkan ke dalam media untuk membawa jangkrik ke kios burung. Untuk pemilihan timbangan sebaiknya digunakan timbangan digital agar bobot pas ketika ditimbang dan tidak menyulitkan kita membaca jarum timbangan seperti timbangan analog. Selain itu ketika menimbang sebaiknya kita lebihkan 0,5 atau 1 ons sebagai rapaksi agar pelanggan kita puas karena jangkrik  biasanya bobotnya akan susut selama perjalanan.

2.       Pakan sebelum panen jangkrik
Hal yang penting ketika akan panen jangkrik yang baik adalah kita harus mengetahui pakan apa yang bagus diberikan pada jangkrik ketika H-5 sebelum panen agar jangkrik tidak gampang mati ketika dalam perjalanan ke kios burung. Sebagai serangga yang memakan tumbuhan dan memerlukan air, jangkrik sebaiknya diberikan pakan sayuran yang banyak mengandung serat ketika H-5 sebelum panen, jangan berikan sayuran yang banyak mengandung air sebelum panen, hal itu dapat menyebabkan jangkrik lemas dan terlalu banyak mengandung air ditubuhnya sehingga jangkrik gampang mati. Pakan yang paling bagus diberikan pada H-5 sebelum panen adalah batang atau pohon pepaya, pepaya muda atau daun pepaya. Pemberiannya bisa dilakukan 2x sehari atau sesuai kebutuhan. Selain itu, pur ayam yang digiling menjadi tepung harus selalu diberikan, jangan sampai telat karena pada umur jangkrik menjelang panen, sifat kanibal jangkrik sangat tinggi.

3.       Waktu dan cara panen jangkrik
Waktu panen jangkrik yang ideal adalah ketika matahari sudah tidak terlalu panas, bisa dilakukan ketika sore hari mulai jam 4 sore atau pagi hari sebelum jam 5 pagi. Kosongkan pakan sayuran 6 jam sebelum dipanen sehingga jangkrik tidak kelebihan air di tubuhnya, tetap berikan pur ayam yang digiling menjadi tepung.

Cara panen jangkrik yang baik adalah dengan mengeluarkan media pembesaran jangkrik berupa eggtray atau klaras dari kotak sedikit demi sedikit sambil diketuk sehingga jangkrik berjatuhan di dalam box, setelah eggtray berkurang setengah dari kapasitas box maka jangkrik akan berkumpul di eggtray yang tersisa di dalam box itu, baru kita kumpulkan jangkrik yang masih tertinggal di kumpulan eggtray tersebut, kita ketuk pelan-pelan diatas ember yang sudah kita siapkan, jangan sampai terbawa kotoran jangkriknya, kemudian bisa kita timbang kemudian kita masukkan ke dalam wadah yang akan kita gunakan untuk membawa jangkrik ke kios burung atau kita setorkan ke pengepul.


4.       Media untuk membawa jangkrik dari kandang ke kios
Untuk media membawa jangkrik dari kandang ke kios burung, petani jangkrik biasa menggunakan karung beras atau karung gula. Karung  tersebut diisi eggtray atau klaras secukupnya kemudian jangkrik yang sudah ditimbang dimasukkan secara perlahan ke dalam karung. Isi dalam satu karung rata-rata 1-2 kg, jangan mengisi karung tersebut lebih dari 2 kg karena jangkrik akan cenderung kanibal memakan satu sama lain, selain itu apabila isi dalam karung berlebihan maka jangkrik akan cepat lemas dan gampang mati.
Untuk membawa ke kios burung, usahakan jangkrik jangan terpapar langsung sinar matahari, hal itu akan menyebabkan jangkrik kepanasan sehingga mati lemas. Apabila memungkinkan gunakan kotak triplek yang berdinding kawat kasa dengan ukuran 100cm x 40 cm x 40cm yang diberi tutup triplek bagian atasnya. Kotak tersebut lebih aman untuk jangkrik karena mempunyai sirkulasi udara yang cukup.

Demikian cara panen jangkrik yang baik beserta tips dan triknya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para peternak jangkrik pemula. Dengan cara panen jangkrik yang baik maka jangkrik yang akan kita kirim ke langganan akan tetap sehat, jarang ada yang mati dan memberikan kepuasan tersendiri pada langganan kita.


Terimakasih banyak, salam (Jamal Rajajangkrik)

Anda berminat untuk ternak jangkrik? pengen mencoba ternak jangkrik tapi masih belum yakin bisa ternak jangkrik? 
Jangan khawatir, kami akan memandu anda untuk sukses beternak jangkrik mulai dari perawatan sampai cara pemasaran hasil ternak jangkrik anda. 

Segera Pesan telur jangkrik berkualitas hanya kepada RAJAJANGKRIK 


Apa yang anda dapatkan bila memesan telur jangkrik ke RAJAJANGKRIK :
1.       Telur Jangkrik yang berkualitas istimewa hasil dari indukan yang berkualitas
2.       Garansi Pengiriman barang 100% aman
3.       Garansi kerusakan apabila ada kelalaian dari ekspedisi pengiriman yang telah anda percayai
4.       Pelatihan budidaya jangkrik secara online 24 jam sehari, 7 hari seminggu secara GRATIS

Bisa transaksi langsung atau lewat toko online kami di : https://www.tokopedia.com/rajajangkrik

Jaminan transaksi aman 100% dan mudah
Harga terbaik langsung dari petani telur jangkrik
CS kami yang cepat tanggap dan ramah

WA/SMS 085608575111 (Jamal Rajajangkrik)
Pin BBM  : D6109232
Halaman Facebook : Budidaya Jangkrik Indonesia 
Halaman Personal Facebook : Jamal Rajajangkrik 
Toko Online : TOKOPEDIA RAJAJANGKRIK (transaksi aman lewat tokopedia. 

Buruan order, stok telur jangkrik berkualitas terbatas setiap harinya.


0 komentar:

Post a Comment