Alasan burung kacer tidak mau makan jangkrik Alasan burung kacer tidak mau makan jangkrik | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Tuesday, 25 October 2016

artikel terkait tentang : perawatan kacer jangkrik, setelan jangkrik kacer jawara, tepung jangkrik kacer, kacer ga doyan jangkrik, porsi jangkrik kacer bakalan, kacer full jangkrik, kacer tanpa jangkrik, kacer kebanyakan jangkrik, kacer isian jangkrik, kacer suara jangkrik, kacer makan jangkrik, kacer muntah jangkrik, 


Jangkrik merupakan pakan alami yang biasa didapatkan burung kicauan ketika berada di alam liar maupun ketika dipelihara dirumah. Alasan pemberian jangkrik pada burung kicauan adalah karena jangkrik memiliki protein yang tinggi sehingga mampu memberi asupan kebutuhan protein pada burung. Selain itu kandungan mineral dan protein pada jangkrik akan menambah kesehatan dan daya tahan tubuh pada burung kesayangan kita.

Akan tetapi terkadang burung kacer yang kita pelihara dirumah tidak mau makan jangkrik yang kita berikan, baik ketika disiapkan dicepuk makanan atau ketika kita sodorkan. Mungkin sahabat kicau bertanya-tanya kenapa hal itu bisa terjadi, padahal sebelumnya kacer kesayangan kita mau makan jangkrik.

Alas an kacer tidak mau makan jangkrik antara lain adalah :


1.       Kacer mengalami stress

Seperti halnya manusia, burung kacer juga bisa mengalami stress. Stress pada burung kicauan bisa diakibatkan karena pemindahan sangkar yang tidak hati-hati, sangkar pernah terjatuh secara tidak sengaja, kandang burung kacer didatangi predator seperti tikus dan kucing. Hal-hal tersebut menyebabkan burung kacer kesayangan kita menjadi stress dan tidak mau makan jangkrik. Apabila berlanjut maka akan mengakibatkan sakit bahkan kematian pada burung kacer itu sendiri.

2.       Kacer mengalami trauma pada jangkrik

Selain karena stress, burung kacer tidak mau makan jangkrik bisa juga dikarenakan burung kacer mengalami trauma pada jangkrik. Trauma pada jangkrik disebabkan karena kesalahan kita dalam memberikan jangkrik pada burung kacer. Jangkrik yang kita berikan pada burung kacer tidak kita bersihkan kaki dan kepalanya terlebih dahulu, sehingga tenggorokan burung kacer terluka akibat duri-duri yang ada pada kaki jangkrik atau terkena penjepit yang berada di mulut jangkrik.
Sebaiknya apabila memberikan jangkrik pada burung, kita potong dulu kaki-kaki jangkrik dan kita remukkan dulu kepala jangkrik yang keras, agar menghindari luka pada tenggorokan burung akibat kaki jangkrik yang mempunyai duri-duri.

kacer makan jangkrik

3.       Kacer sedang sakit

Apabila sedang sakit, kacer bisa jadi tidak mau memakan jangkrik atau bahkan pur yang kita sajikan di cepuk makanannya. Kondisi tubuh burung sedang drop hingga nafsu makannya berkurang. Oleh karena itu jaga kondisi kandang dan kesehatan burung kacer kesayangan kita agar tetap fit dan tetap lahap makan jangkrik.


Demikian alas an mengapa burung kacer tidak mau makan jangkrik. Mudah-mudahan artikel ini dapat anda jadikan panduan untuk mengetahui alasan burung kacer atau burung kicau yang lain tidak mau memakan jangkrik sehingga anda dapat melakukan pencegahan dan penanganan pada burung kicau kesayangan anda.


Salam (jamal rajajangkrik)

0 komentar:

Post a Comment