artikel budidaya jangkrik : Langkah antisipatif perubahan cuaca ekstrim agar ternak jangkrik dapat bertahan hingga panen artikel budidaya jangkrik : Langkah antisipatif perubahan cuaca ekstrim agar ternak jangkrik dapat bertahan hingga panen | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Sunday, 19 February 2017

Langkah antisipatif perubahan cuaca ekstrim agar ternak jangkrik dapat bertahan hingga panen.
(Judul lebay, silahkan diabaikan)
Oleh www.rajajangkrik.com
artikel budidaya jangkrik pada www.tokopedia.com/rajajangkrik
untuk pesan telur jangkrik dari kami. Call 085608575111, pin bbm D6109232

Cuaca indonesia yang tidak menentu akibat dari salah mongso alias salah musim ditandai dengan musim hujan yang mundur dari biasanya, siang hari panas bukan main, sorehari hujan smpe mal.  Suhu udara siang dan malam terpaut jauh +- 5-8°c. Hal itu menyebabkan jangkrik malas makan, daya tahan tubuh menurun, gampang terkena penyakit dan virus. Akhirnya panen pun tidak sesuai harapan.

Berdasarkan pengalaman dari para petani jangkrik senior, perubahan cuaca tidak akan berpengaruh secara signifikan pada jangkrik apabila peternak memberikan perlakuan khusus pada jangkrik ternakannya. Memang sedikit menghabiskan waktu dan biaya produksi bertambah, namun hasil panen akan terjaga, tetap bagus, jangkrik tetap sehat, gemuk dan lincah.

Lalu apa saja perlakuan khusus yang diberikan pada jangkrik untuk mengatasi cuaca ekstrim. Berikut ini ulasannya pada artikel budidaya jangkrik ini

1. Menjaga suhu dalam box.
Menjaga suhu dalam box jangkrik amat diperlukan agar suhu dalam box sesuai dengan suhu yang dibutuhkan jangkrik untuk hidup. Karena bila suhu kurang dari standart kebutuhan jangkrik, maka yang terjadi adalah jangkrik menjadi malas makan, malas beraktifitas, sembunyi di dalam eggtray atau klaras dan akhirnya pertumbuhan jangkrik menjadi lambat.


artikel yang mungkin berkaitan : 
memelihara jangkrik agar tidak mati, makanan jangkrik biar tidak mati, biar jangkrik tidak cepat mati
agar jangkrik tidak cepat mati, cara agar jangkrik tidak cepat mati, makanan jangkrik agar tidak cepat mati, merawat jangkrik agar tidak cepat mati, cara memelihara jangkrik agar tidak cepat mati, cara merawat jangkrik biar tidak cepat mati, cara jangkrik tidak mudah mati

Dengan manipulasi suhu, diharapkan jangkrik tetap aktif, makan dengan rakus dan pertumbuhan stabil.
Cara manipulasi suhu dalam box jangkrik adalah dengan cara memberikan lampu pijar (lampu dop) dengan daya 5-10watt pada 4 titik dalam box. Dengan penambahan lampu pijar, diharapkan suhu dalam box menjadi meningkat. Pengukuran suhu dapat menggunakan termometer ruangan sehingga didapatkan hasil pengukuran suhu yang akurat, stabil di angka 28-31°c.

Apabila masih kurang dari suhu ideal, maka titik lampu bisa diperbanyak, atau box jangkrik ditutup dengan terpal 3/4 bagian. Apabila terlalu panas, maka daya lampu bisa dikurangi atau titik penempatan lampunya bisa diatur sedemikian rupa sehingga tercipta suhu yang ideal. Penyalaan lampu dalam box dimulai sejak jangkrik umur 10-12 hari, ketika bayi jangkrik sudah mulai membutuhkan suhu hangat, dinyalakan ketika malam hari atau sesuai kebutuhan (cuaca hujan/ dingin)

(Bersambung)



1 komentar:

Post a Comment