Hama jangkrik : Gurem A.K.A Mold Mites, si kecil bikin jengkel. Hama jangkrik : Gurem A.K.A Mold Mites, si kecil bikin jengkel. | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Thursday, 13 April 2017

Hama jangkrik : Gurem A.K.A Mold Mites, si kecil bikin jengkel.


gurem yang menyerang jangkrik


gurem setelah pembesaran 4x 
Sebenarnya gurem adalah sebutan bagi kutu kecil yang biasanya hidup di tempat sarang ayam bertelur, di bagian tubuh ayam sambil mengisap sari makanan dari tubuh ayam tersebut.

Akan tetapi, akhir akhir ini gurem juga sering dijumpai  pada kandang jangkrik, gurem ini ( yang dalam bahasa londo sering disebut Mold mite) merupakan hama pula bagi jangkrik. Gurem pada jangkrik hidup di dasar box. Mereka mengambil sisasisa pur atau pakan yang diberikan pada jangkrik sebagai asupan makanan. Dalam waktu 5-10 hari dari penetasan, gurem ini akan memenuhi dasar box sehingga mengganggu jangkrik yang sedang tumbuh dan berkembang.

Warna dari gurem jangkrik ini bervariasi, umumnya berwarna merah atau kuning kecoklatan. Dampak dari hama gurem ini memang tidak langsung menimbulkan kematian bagi jangkrik, namun sangat merugikan karena mengganggu ketenangan jangkrik dan mengganggu pertumbuhan jangkrik itu sendiri.

Untuk membasmi gurem ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Pembersihan kandang segera setelah panen wajib dilakukan karena gurem ini dapat menular dengan cepat ke box lain melalui perantara angin, atau terbawa oleh kita ketika memberikan pakan dari satu box ke box yang lain.
Pembersihan kandang mandiri dapat dilakukan dengan cara membuang kotoran jangkrik yang sudah terkontaminasi gurem, membakar atau menjemur eggtray yang sudah terkontaminasi gurem, menyemprotkan larutan air tembakau ke seluruh bagian box jangkrik dan kandang jangkrik tersebut.

      Sterilisasi kandang jangkrik

Sterilisasi kandang jangkrik wajib dilakukan setiap dua minggu secara berkala. Semprotkan air tembakau disekitar kandang jangkrik, dilantai kandang dan di dinding kandang.

Demikian artikel tentang gurem atau hama bagi jangkrik ini; mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua.


mengatasi hama gurem, cara membasmi hama gurem, cara mengatasi hama gurem, cara membunuh hama gurem, cara menghilangkan hama gurem

0 komentar:

Post a Comment