#3 jenis Pakan Jangkrik Agar Cepat Besar #3 jenis Pakan Jangkrik Agar Cepat Besar | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Monday, 28 August 2017

#3 jenis Pakan Jangkrik Agar Cepat Besar - Pakan jangkrik merupakan salah satu poin penting dalam usaha budidaya ternak jangkrikjangkrik. Karena keberhasilan ternak jangkrik tergantung juga dari pakan yang kita berikan pada jangkrik. Untuk mempercepat panen jangkrik pun kita dapat memanipulasi pakan sedemikian rupa sehingga kebutuhan protein, karbohidrat dan mineral untuk jangkrik dapat  maksimal. Apabila kebutuhan jangkrik tercukupi, bukan tidak mungkin jangkrik dapat dipanen lebih cepat.

Biasanya jangkrik kalung atau jangkrik genggong dipanen pada umur perawatan 28-30 hari. Sedangkan jangkrik alam atau jangkrik seliring serta jangkrik madu dipanen pada umur perawatan 35-40 hari. Tahukah anda, panen jangkrik dapat dipercepat dengan perawatan yang baik dan pakan yang tepat.

Lalu, pakan apakah yang dapat dipakai untuk mempersingkat masa panen jangkrik?


Voer Ayam  pedaging
Pemilihan Voer Ayam  pedaging untuk pakan jangkrik sebaiknya memperhatikan kandungan protein dan serat kasar di dalamnya. Di Kandang Rajajangkrik kami biasa memilih Voer Ayam  pedaging merk phokpand 511 yang digiling menjadi tepung. Mengapa Voer Ayam  perlu dihaluskan?? Karena dengan penghalusan maka jangkrik akan semakin mudah untuk mencerna Voer dan tidak ada sisa-sisa jagung dalam kandungan Voer yang terbuang atau tidak termakan oleh jangkrik.

Untuk urut-urutan atau cara pemberian Voer pada jangkrik dapat anda lihat pada artikel : cara pemberian Voer Ayam  giling pada jangkrik (mulai dari umur 0-panen)

Sayuran
Pemberian sayuran untuk jangkrik ini adalah sebagai pengganti air minum. Jangkrik bisa mendapatkan air dari cairan sayuran yang dimakannya. Jenis sayuran yang baik untuk jangkrik adalah sawi putih, pepaya muda, gambas atau oyong, serta jenis daun-daunan yang lain.
Untuk pemberian sayuran disesuaikan dengan ukuran jangkrik yang kita beri makan. Apabila jangkrik masih muda atau baru menetas, berikan pakan sayuran yang lunak dan banyak mengandung air. Misalnya dapat kita berikan pepaya muda yang diiris tipis-tipis atau sawi putih yang sudah dibersihkan dari sisa-sisa pestisida. Sedangkan untuk jangkrik dewasa atau yang sudah clondo, dapat kita berikan daun-daunan, rumput-rumputan atau sayuran pengganti lainnya. Contoh pakan sayuran untuk jangkrik yang sudah dewasa adalah daun papaya, daun singkong, atau batang pepaya yang sudah dibelah-belah.
Waktu pemberian pakan jangkrik yang bagus adalah rutin setiap pagi dan sore menjelang malam. Jangan memberikan pakan sayuran yang mempunyai kadar air tinggi secara berlebihan. Selain karena sayuran gampang sekali busuk, jangkrik apabila terlalu banyak makan sayuran akan menjadi berair dan lembek. Jangkrik yang berair akan gampang mati ketika terkena perubahan suhu dan cuaca mendadak.


Penambahan vitamin dan mineral lain
Pemberian vitamin dan mineral lain ini berguna agar jangkrik menjadi lebih sehat dan tidak gampang mati ketika cuaca ekstrim. Penambahan kalsium (Ca) diberikan ketika sebelum jangkrik berganti kulit. Hal itu dilakukan supaya jangkrik lekas berganti kulit serta ketersediaan zat kitin yang mendukung ganti kulit jangkrik cukup.


Demikian ulasan singkat tentang 3 pakan jangkrik agar cepat besar. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih

0 komentar:

Post a Comment