Klaras sebagai media pembesaran jangkrik di budidaya jangkrik Klaras sebagai media pembesaran jangkrik di budidaya jangkrik | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Thursday, 17 August 2017


Media pembesaran jangkrik
Klaras sebagai media pembesaran jangkrik 


Klaras sebagai media pembesaran jangkrik di budidaya jangkrik -Untuk menciptakan kandang jangkrik yang baik dan ideal maka diperlukan media hidup jangkrik supaya mampu bertahan hidup dan berkembang biak dengan baik. Media hidup didalam kandang jangkrik ini diganakan jangkrik sebagai tempat sembunyi. Penggunaan media pembesaran jangkrik wajib digunakan dan disesuikan dengan kebutuhan jangkrik.

Apabila jangkrik kekurangan media untuk tempat sembunyi, maka efeknya adalah jangkrik kedinginan, susah untuk mencari tempat ganti kulit dan potensi jangkrik kanibal lebih tinggi. Efek tersebut berdampak pada panenan jangkrik yang kurang atau tidak seperti biasanya karena jangkrik didalam box habis mati atau dimakan jangkrik yang lain.

Media pembesaran jangkrik di budidaya jangkrik dapat berupa Eggtray dan Klaras. Eggtray adalah wadah karton atau kertas yang biasa digunakan sebagai wadah tempat telur ayam. Eggtray ini berfungsi sebagai tempat bersembunyinya jangkrik di dalam box jangkrik layaknya hidup di alam. Selain menggunakan eggtray, dapat pula digunakan Klaras sebagai tempat sembunyi jangkrik di dalam boxnya.

Klaras sebagai media pembesaran jangkrik di budidaya jangkrik


Klaras adalah nama lain dari daun pisang kering. Klaras ini biasanya adalah limbah dari perkebunan pisang atau dari pohon pisang yang ditanam disekitar pekarangan. Peternak jangkrik biasa menggunakan klaras ini sebagai pengganti eggtray untuk media pembesaran jangkrik. Penggunaan klaras terbukti menekan biaya produksi ternak jangkrik karena klaras mudah didapatkan disekitar lingkungan ternak jangkrik, dan gratis.

media pembesaran jangkrik

Cara penggunaan klaras sebagai media pembesaran jangkrik


Cara penggunaan klaras sebagai media pembesaran jangkrik di budidaya jangkrik.

Sebelum meletakan klaras ke dalam kandang jangkrik ada baiknya jika dijemur terlebih dahulu kurang lebih sekitar 6 jam. Bersihkan klaras dari semut atau hewan lain yang mungkin bersembunyi di sela-sela klaras. Setelah dijemur selama 6 jam atau seharian penuh, klaras ditekuk atau dilipat menjadi 3 atau 4 bagian. Masing-masing bagian panjangnya 20-30 cm. Kemudian diikat menjadi satu. Lalu klaras yang sudah diikat menjadi satu dimasukkan box jangkrik dan diatur sedemikian rupa sehingga memenuhi box jangkriknya.


Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan klaras sebagai media pembesaran jangkrik di budidaya jangkrik.

Klaras ini mudah sekali kempes ketika terkena lembab. Jadi apabila sudah terlihat kempes di dalam box, segera tambahkan klaras baru diatas klaras lama tersebut. Agar jangkrik masih tetap mempunyai tempat sembunyi di sekitar rongga dalam klaras. Selain itu klaras biasanya menjadi sarang semut atau laba-laba. Jemur klaras sebelum digunakan dan harus diperhatikan sungguh-sungguh agar tidak ada semut atau laba-laba yang ikut masuk kedalam box jangkrik bersama klaras. Apabila terlanjur masuk kedalam box, semut atau laba-laba tersebut akan makin susah lagi untuk membersihkannya.

Demikian artikel tentang  penggunaan klaras sebagai media pembesaran jangkrik di budidaya jangkrik. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para peternak jangkrik di Indonesia.

Kami menjual Telur jangkrik alam / telur jangkrik seliring  / telur jangkrik madu dan telur jangkrik kalung / telur jangkrik Genggong / telur jangkrik Broiler siap kirim ke seluruh wilayah indonesia. Untuk pemesanan telur jangkrik, hubungi kami di : 

Ds. Kanigoro RT 014/ RW 03 
Kecamatan Kras Kab. Kediri 
Jawa Timur 
Telepon 085608575111
Pin bbm D6109232 

Cara pemesanan dan harga telur jangkrik dapat anda klik disini



0 komentar:

Post a Comment