Mengatasi jangkrik gampang mati ketika berumur 20 hari keatas Mengatasi jangkrik gampang mati ketika berumur 20 hari keatas | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Thursday, 17 August 2017

Jangkrik gampang mati ketika berumur 20 hari keatasKami mendapatkan keluhan yang sama dari berbagai peternak jangkrik di seluruh indonesia, jangkrik mereka lemas ketika umur 20 hari atau menjelang dewasa siap panen. Banyak yang kemudian mati dan gagal panen. Sehingga tidak mendapatkan hasil maksimal.

Padahal jangkrik terlihat normal, makan dengan lahap. Lalu tiba-tiba jangkrik diam, lemas dan tidak mau makan. Kemudian jangkrik tidak bisa bergerak lalu mati. Sudah bermacam cara dipakai peternak jangkrik untuk mengatasi hal tersebut, mulai dari pemberian vitamin dan probiotik agar jangkrik kembali sehat. Pemberian pakan pur yang bermutu tinggi pun sudah dilakukan, namun hasilnya masih jauh dari harapan, jangkrik tetap saja mati. 



Mengatasi jangkrik gampang mati ketika berumur 20 hari keatas
Jangkrik umur 20 hari ke atas



Kenapa jangkrik gampang mati ketika berumur 20 hari keatas?

Menurut kami, jangkrik gampang mati ketika berumur 20 hari keatas penyebabnya adalah cuaca yang kurang bagus untuk beternak jangkrik serta kesalahan pemilihan pakan oleh peternak jangkriknya. 

Jangkrik pada kondisi cuaca dingin dan berangin memang memiliki daya tahan tubuh rendah sehingga rentan mati. Hal itu disebabkan oleh kadar air yang jumlahnya berlebihan dalam tubuh jangkrik itu sendiri. Tubuh jangkrik yang mengandung banyak air dalam tubuhnya cenderung tidak dapat bertahan hidup lama karena susah untuk proses berganti kulit.

Kadar air yang berlebihan pada tubuh jangkrik ini berasal dari pemberian pakan sayuran atau pakan yang mengandung banyak air secara berlebihan. Selain itu akibat cuaca dingin dan berangin menyebabkan penguapan kadar air pada tubuh jangkrik tidak maksimal. Metabolisme jangkrik menjadi terhambat sehingga jangkrik gampang mati. 

Umumnya, peternak jangkrik sering memberikan pakan berupa sayur-sayuran atau dedaunan yang mengandung banyak air dan sedikit sekali mengandung serat. Contoh pakan jangkrik yang banyak mengandung air adalah sawi putih, kol, kubis, dan gedebong pisang. Meskipun pakan tersebut dapat diberikan pada jangkrik, namun harus melihat dosis pemberian dan keadaan cuaca yang mengikutinya. 



Cara mengatasi jangkrik gampang mati ketika berumur 20 hari keatas. 

Cara yang paling gampang untuk mengatasi jangkrik gampang mati ketika berumur 20 hari keatas adalah dengan mengurangi pemberian sayuran yang banyak mengandung air seperti sawi putih, sawi hijau, kubis, kol dan bayam. 

Gantilah sayuran yang banyak mengandung air tersebut dengan jenis pakan yang sedikit mengandung air dan banyak mengandung serat. Contohnya adalah batang pepaya, pohon pepaya serta daun-daunan hijauan pakan ternak. 
Hindari pemberian pakan pur yang dicampur air untuk jangkrik. Selain karena kita tidak bisa mengatur kadar air dalam pur yang dicampur air tersebut, adanya pur lembab di dalam kandang jangkrik mengundang kepik kumbang untuk bertelur didalam pur tersebut. 

Hal itu akan mengakibatkan telur kumbang menetas dan menambah populasi ulat hama di dalam  box jangkrik. Selain dari hal yang sudah kami sebutkan diatas, cara yang harus dilakukan adalah menjaga kondisi udara dan suhu dalam kandang, gunakan lampu pijar untuk menjaga suhu konsisten pada 30 derajat C dan kelembaban terjaga di 90%. (Gunakan termometer dan higrometer untuk cek suhu dan kelembaban kandang) 



Kesimpulan kami hal itu penyebabnya bukanlah dari pakan atau cara perawatan yang salah, namun karena pergantian cuaca yang ekstrim dari musim hujan ke kemarau, sehingga suhu udara berganti secara ekstrim. Penguapan kadar air ditubuh jangkrik tidak berjalan seperti biasanya sehingga jangkrik amat rentan ketika berganti kulit. Solusi dari masalah ini adalah jaga kondisi udara dan suhu dalam kandang, gunakan lampu pijar untuk menjaga suhu konsisten.



Kami menyediakan Telur jangkrik alam / seliring  / Madu dan telur jangkrik kalung / Genggong / Broiler siap kirim ke seluruh wilayah indonesia. Untuk pemesanan telur jangkrik, hubungi kami di : 

Ds. Kanigoro RT 014/ RW 03 
Kecamatan Kras Kab. Kediri 
Jawa Timur 
Telepon 085608575111
Pin bbm D6109232 
(Jamal Rajajangkrik) 

Cara pemesanan dan harga telur jangkrik dapat anda klik disini

0 komentar:

Post a Comment