#4 Tips mengatasi jangkrik kanibal, gampang dipraktekkan peternak jangkrik #4 Tips mengatasi jangkrik kanibal, gampang dipraktekkan peternak jangkrik | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Friday, 18 August 2017

Tips dan trik mengatasi jangkrik kanibal 


Menentukan kondisi yang ideal untuk menjaga jangkrik agar tidak kanibal.
Pasti teman-teman peternak jangkrik merasa jengkel apabila sudah menjelang panen jangkrik ternyata jangkrik didalam box seperti menghilang. Padahal setelah dilihat kondisinya, tidak ada jangkrik yang terlihat mati di dasar box. Ketika di cek di sekeliling kandang, juga tidak ada jangkrik yang lepas dan berkeliaran keluar dari box. LALU KEMANA JANGKRIKNYAAAA???


mengatasi jangkrik kanibal
Proses jangkrik ganti kulit 60%

mengatasi jangkrik kanibal
Proses jangkrik ganti kulit 


Dibawah ini kita akan membahas tentang cara mengatasi jangkrik kanibal serta faktor apa saja yang menyebabkan jangkrik menjadi kanibal.



Kanibal adalah kondisi dimana jangkrik memakan jangkrik yang lain di sekitarnya. Alasan nomor satu mengapa jangkrik menjadi kanibal adalah kekurangan pakan dan air.
pada dasarnya jangkrik adalah serangga omnivora. Jangkrik ketika lapar akan memakan apa saja yang ada didepannya. Sayur, daun kering, eggtray, koran bahkan temannya sendiri bisa dimakan apabila tidak ada pakan yang tersedia disekitar jangkrik.

Jangkrik yang baru saja berganti kulit adalah sasaran empuk bagi jangkrik lain untuk dimakan karena jangkrik setelah berganti kulit akan mempunyai kulit yang lunak dan susah bergerak dengan lincah. Setelah 15-30 menit kemudian, jangkrik yang melewati proses ganti kulit itu, akan menjadi jangkrik yang super rakus karena memerlukan tambahan protein dan air untuk mengisi tubuhnya yang telah mempunyai kulit baru dan bertambah besar. Jadi, jangkrik yang ganti kulit bisa menjadi sasaran empuk jangkrik lain atau bahkan menjadi pemakan jangkrik lainnya setelah beberapa jam kemudian.
kesimpulannya adalah kita harus menyediakan cukup makan dan sayuran yang banyak mengandung air ketika jangkrik kita memasuki siklus ganti kulit dan pasca ganti kulit.





Tips untuk menjaga ketersediaan air dan protein untuk jangkrik pada masa ganti kulit agar menekan kanibalisme.

dibawah ini kami berikan tips dan trik menjaga jangkrik agar tidak kanibal. Antara lain sebagai berikut : 

1. Sediakan pur ayam yang banyak mengandung protein dan kalsium sebelum masa ganti kulit dan setelah ganti kulit. Kalsium yang cukup sebelum ganti kulit akan mempercepat kulit jangkrik kembali mengeras setelah ganti kulit. Sedangkan protein yang cukup akan mencukupi kebutuhan jangkrik setelah berganti kulit sehingga tidak akan mengganggu atau memangsa jangkrik lain yang berganti kulit.
2. Sediakan pakan sayuran yang cukup mengandung air dan banyak mengandung serat. Contoh pakan sayuran atau hijauan yang banyak mengandung air dan serat adalah pohon pepaya dibelah. diberikan merata ke dalam box jangkrik. Apabila memungkinkan, berikan sayuran hijauan yang banyak mengandung protein nabati seperti kecambah, wortel atau jagung manis. 
3. Apabila diperlukan, segera tambah media tempat sembunyi jangkrik agar jangkrik yang akan berganti kulit mendapatkan tempat yang leluasa untuk bersembunyi dan berganti kulit tanpa takut terganggu oleh jangkrik yang lainnya. 
4. Jaga kondisi suhu di dalam box. Hal itu bertujuan agar jangkrik cepat ganti kulit dan kulit yang baru segera keras. 

Demikian ulasan tentang cara mengatasi jangkrik kanibal beserta tips dan triknya. mudah-mudahan bermanfaat bagi para peternak jangkrik. 


0 komentar:

Post a Comment