Cara menjaga suhu kandang jangkrik agar stabil dan cocok untuk jangkrik Cara menjaga suhu kandang jangkrik agar stabil dan cocok untuk jangkrik | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Thursday, 17 August 2017

Cara menjaga suhu kandang jangkrik - Kami mendapatkan keluhan yang sama dari berbagai peternak jangkrik di seluruh indonesia, jangkrik mereka lemas ketika umur 20 hari atau menjelang dewasa siap panen. Banyak yang kemudian mati dan gagal panen. Sehingga tidak mendapatkan hasil maksimal.

Padahal jangkrik terlihat normal, makan dengan lahap. Lalu tiba-tiba jangkrik diam, lemas dan tidak mau makan. Kemudian jangkrik tidak bisa bergerak lalu mati. Sudah bermacam cara dipakai peternak jangkrik untuk mengatasi hal tersebut, mulai dari pemberian vitamin dan probiotik agar jangkrik kembali sehat. Pemberian pakan pur yang bermutu tinggi pun sudah dilakukan, namun hasilnya masih jauh dari harapan, jangkrik tetap saja mati. 


menjaga suhu kandang jangkrik agar stabil
Jangkrik umur 20 hari ke atas



Kenapa jangkrik gampang mati?

Nah, kematian jangkrik pada umur 15-20 hari keatas berhubungan erat dengan suhu dan kelembaban dalam box. 
Menurut kami, jangkrik gampang mati ketika berumur 20 hari keatas penyebabnya adalah cuaca yang kurang bagus untuk beternak jangkrik serta kesalahan pemilihan pakan oleh peternak jangkriknya. Selain itu peternak jangkrik tidak menjaga kondisi box jangkrik tetap hangat. Biasanya box jangkrik tidak di cek suhu dan kelembabanya ketika siang dan malam. Padahal Jangkrik perlu suhu tetap stabil, tidak ada kenaikan atau penurunan suhu secara drastis. 


Selain dari keadaan suhu pada box jangkrik, jangkrik pada kondisi cuaca dingin dan berangin memang memiliki daya tahan tubuh rendah sehingga rentan mati. Hal itu disebabkan oleh kadar air yang jumlahnya berlebihan dalam tubuh jangkrik itu sendiri. Tubuh jangkrik yang mengandung banyak air dalam tubuhnya cenderung tidak dapat bertahan hidup lama karena susah untuk proses berganti kulit.

Kadar air yang berlebihan pada tubuh jangkrik ini berasal dari pemberian pakan sayuran atau pakan yang mengandung banyak air secara berlebihan. Metabolisme jangkrik menjadi terhambat sehingga jangkrik gampang mati. 

Umumnya, peternak jangkrik sering memberikan pakan berupa sayur-sayuran atau dedaunan yang mengandung banyak air dan sedikit sekali mengandung serat. Contoh pakan jangkrik yang banyak mengandung air adalah sawi putih, kol, kubis, dan gedebong pisang. Meskipun pakan tersebut dapat diberikan pada jangkrik, namun harus melihat dosis pemberian dan keadaan cuaca yang mengikutinya. 



Cara mengatasi jangkrik gampang mati ketika berumur 20 hari keatas. 

Cara yang paling gampang untuk menjaga suhu dan kelembaban kandang jangkrik adalah pemberian lampu pijar atau elemen pemanas di dalam box jangkrik. Cara ini terbilang efektif dan efisien untuk meningkatkan suhu box jangkrik. Berikan lampu pijar 5-15 Watt di 3 titik didalam box jangkrik, nyalakan ketika suhu lingkungan atau suhu dalam box turun drastis sampai pada 26℃. Naikkan suhu dalam box jangkrik sampai pada 29-31℃. Jaga agar tetap stabil selama 24 jam ya. (Gunakan termometer dan higrometer untuk cek suhu dan kelembaban kandang) 

Demikianlah cara menjaga suhu kandang jangkrik agar stabil dan cocok untuk jangkrik. Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda. 




Kami menyediakan Telur jangkrik alam / seliring  / Madu dan telur jangkrik kalung / Genggong / Broiler siap kirim ke seluruh wilayah indonesia. Untuk pemesanan telur jangkrik, hubungi kami di : 

Ds. Kanigoro RT 014/ RW 03 
Kecamatan Kras Kab. Kediri 
Jawa Timur 
Telepon 085608575111
Pin bbm D6109232 
(Jamal Rajajangkrik) 

Cara pemesanan dan harga telur jangkrik dapat anda klik disini

0 komentar:

Post a Comment