Peluang Budidaya Jangkrik di Indonesia Peluang Budidaya Jangkrik di Indonesia | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Saturday, 19 August 2017

Peluang Budidaya Jangkrik di Indonesia-Budidaya jangkrik merupakan usaha yang menjanjikan dan sudah pernah anda dengar dari para peternak jangkrik yang sudah terlebih dahulu memulai usahanya. Dengan modal yang sangat terjangkau serta dapat digunakan sebagai usaha sampingan menjadikan usaha jangkrik sebagai pilihan usaha yang menjanjikan penghasilan yang lumayan.
Usaha budidaya jangkrik saat ini masih menjadi peluang terbesar bagi kita untuk memulai sebuah usaha kecil-kecilan di rumah kita sendiri. Hal itu dikarenakan kebutuhan jangkrik yang amat besar di konsumen serta stabilnya permintaan jangkrik di kota-kota besar maupun kecil maka budidaya jangkrik masih menjadi sebuah bisnis yang masih memiliki peluang untuk berkembang dan semakin maju.
peluang Budidaya jangkrik
Budidaya jangkrik

Apa saja Kegunaan jangkrik beserta peluang yang mengikuti budidaya jangkrik?


  • Pakan Hewan Peliharaan, Jangkrik telah banyak dimanfaatkan sebagai pakan utama maupun pakan tambahan burung berkicau, seperti poksay, kacer, hwambie dan juga pakan ikan arwana, louhan, lele, dan jenis Crustacea seperti udang dan lobster. Di Amerika Serikat dan Kanada, jangkrik digunakan sebagai pa­kan pada kegiatan rearing hewan vertebrata pemakan serangga dalam rangka penelitian dan konservasi alam. Vertebrata pemakan serangga tersebut adalah hedgehogs, golden moles, "true" moles, "true" shrews, moonrat, gymnures, solenodons, dan tenrecs.
  • Ekstra Fooding atau pakan hewan peliharaan. Di Indonesia, jangkrik banyak digunakan sebagai serangga konsumsi utama atau sebagai tambahan pakan untuk burung kicauan. Misalnya burung murai, kacer, jalak dan sebagainya. Selain sebagai pakan burung, ternyata jangkrik juga digunakan sebagai tambahan pakan untuk ikan hias dan ikan konsumsi seperti ikan louhan, arwana dan ikan lele. Selain burung dan ikan, penghobi reptile juga menggunakan jangkrik sebagai asupan makanan untuk hewan peliharannya.
  • Sumber protein, Berdasarkan penelitian, jangkrik ternyata mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi. Jangkrik dapat diolah menjadi jangkrik kering kemudian digiling menjadi tepung. Tepung jangkrik bias digunakan sebagai bahan campuran dari makanan, kosmetik dan tambahan pakan hewan peliharaan.
  • Bahan obat dan kosmetik. Kandungan nutrisi dan senyawa yang ada dalam tubuh jangkrik telah menarik minat para peneliti untuk memanfaatkannya menjadi bahan obat-obatan dan kosmetik. Jangkrik diolah sedemikian rupa untuk diambil asam amino dan senyawa proteinnya, kemudian digunakan sebagai bahan pelengkap kosmetik yang ramah lingkungan dan tidak membahayakan manusia.


Peluang masa depan beternak jangkrik

Pada dasarnya jangkrik amatlah cocok bila dibudidayakan di Indonesia. Sebab, jangkrik memerlukan suhu stabil di kisaran 28 - 35 °C dengan kelembapan antara 70-90%. Suhu dan kelembaban tersebut ternyata cocok dengan rata-rata keadaan suhu dan kelembaban di Indonesia.
Keunggulan beternak jangkrik dibandingkan dengan ternak yang lainnya adalah:

Hemat tempat
Jangkrik tidak memerlukan tempat yang luas dan lapang. Cukup di ruangan yang mampu menampung box jangkrik yang ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Perawatannya mudah.
Untuk membudidayakan jangkrik, cukup diberi pakan konsentrat dan sayuran secara rutin setiap hari. Pemberian pakan pun terjadwal sehingga tidak mengganggu aktifitas anda sehari-hari.

Jenis serangga ini merupakan serangga omnivora yang biasa memakan sayuran dan daun-daunan. Jenis pakannya dapat anda temukan dengan mudah di sekitar rumah anda. Misalnya, daun papaya, daun singkong, daun pisang, batang papaya bahkan pohon pisang yang bisa dibilang limbah pun dapat kita jadikan pakan jangkrik.

Dengan biaya produksi yang minim, rasio keuntungan ternak jangkrik pun amat tinggi. Selain itu, jangkrik juga terkenal sebagai hewan ternak yang cepat panen sehingga perputaran modal dan keuntungan di ternak jangkrik amatlah cepat.

Budidaya jangkrik bisa dilakukan oleh siapa saja, pelajar, pegawai bahkan ibu rumah tangga dapat membudidayakan jangkrik skala kecil di rumah masing-masing tanpa mengganggu aktifitas rutin.

Kebutuhan pasar akan jangkrik segar hasil panen peternak jangkrik

Seiring dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan serta perubahan gaya hidup, kebutuhan konsumen akan jangkrik sangat tinggi. Penghobi burung kicauan, pabrik obat-obatan serta pabrik kosmetik telah memanfaatkan jangkrik sebagai bahan baku dan menjadi kebutuhan rutin setiap hari. Hal itu menjadikan Budidaya jangkrik menjadi peluang yang akan terus berkembang pesat di masa yang akan datang.

Menjamurnya pasar burung, kios burung serta penghobi burung berkicau membuat pemasaran jangkrik, dalam skala budidaya menengah maupun dalam skala rumah tangga menjadi sangat mudah. Jangkrik di pasarkan dengan harga yang bervariasi, dari Rp. 25.000 perkilogram sampai pada harga Rp. 120.000 perkilogram di daerah tertentu di Indonesia khususnya di luar pulau jawa.

Pada skala budidaya jangkrik yang menengah dan besar, pemasaran jangkrik dapat dilakukan secara bersama-sama dalam wadah koperasi atau perkumpulan pedagang jangkrik atau pengepul jangkrik yang akan memasarkan jangkrik dengan mata rantai distribusi yang luas.

Selain dalam negeri, tepung jangkrik juga banyak diminati pasar luar negeri. Kebutuhan tepung jangkrik untuk pasar asia timur, eropa dan amerika cukup besar. Hal itu dapat menjadi peluang bagi pengusaha jangkrik di Indonesia untuk berinovasi lebih lanjut sehingga mampu bersaing dengan Negara lain untuk memasarkan jangkriknya sampai ke luar negeri.

Setelah melihat kebutuhan dan manfaat jangkrik yang cukup beragam dan kebutuhan pasar yang sangat besar, maka bisa dibilang bahwa peluang usaha budidaya jangkrik masih terbuka lebar di Indonesia. 




Kami menyediakan Telur jangkrik alam / seliring  / Madu dan telur jangkrik kalung / Genggong / Broiler siap kirim ke seluruh wilayah indonesia. Untuk pemesanan telur jangkrik, anda dapat menghubungi kami dengan cara klik link di bawah ini : 
Kontak person (No HP dan BBM) Jamal Rajajangkrik

Rajajangkrik Cricket Farm 
DsKanigoro RT 014/ RW 03 
Kecamatan Kras Kab. Kediri 
Jawa Timur 


Cara pemesanan dan harga telur jangkrik dapat anda klik disini

0 komentar:

Post a Comment