Mengolah Jangkrik menjadi Cemilan Sehat dan Bergizi tinggi Mengolah Jangkrik menjadi Cemilan Sehat dan Bergizi tinggi | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Friday, 22 September 2017

Ketika suatu kali anda mendengar kata “jangkrik”, pasti bayangan anda langsung merujuk pada serangga berkaki 8 yang hitam, suka meloncat dan mengeluarkan bunyi. Sebagian orang merasa merinding atau geli melihat bahkan menyentuh jangkrik. Namun, bagaimana pendapat anda bila jangkrik di olah menjadi kudapan atau cemilan yang sehat dan bernilai gizi tinggi?? Geli juga ya??

Berdasarkan prakiraan para ahli serangga (entomologis), saat ini di dunia ada kurang lebih 1.700 serangga yang bisa dimakan dan diolah menjadi berbagai jenis masakan dengan raza yang nikmat. Salah satu serangga yang bisa diolah tersebut adalah jangkrik.

Jangkrik dapat diolah menjadi berbagai cemilan atau kudapan misalnya jangkrik goreng, sosis jangkrik, jangkrik gongso, jangkrik crispy atau jangkrik yang bikin rica-rica. Penasaran kan?
Rajajangkrik.com akan sedikit memberikan tips membuat jangkrik crispy yang tentunya mudah dipraktekkan, bahan-bahan yang sederhana serta pastinya lezat dan bernilai gizi tinggi.
jangkrik crispy
Cemilan jangkrik Crispy

Cara Membuat Jangkrik Crispy

Pertama, kita siapkan jangkrik. Jangkrik ini dapat dibeli dari peternak jangkrik atau anda bisa beternak sendiri. Oiya, kalo mau belajar ternak jangkrik atau mau beli telur jangkrik bisa hubungi Jamal Rajajangkrik ya.


Pemilihan jangkrik untuk bahan crispy ini harus dipilih yang baik dan berkualitas. Setelah jangkrik didapatkan, selanjutnya kita bersihkan jangkrik dan di rebus sebentar dengan air mendidih selama 3 menit agar bau, kotoran yang belum sempat dibersihkan dan bakteri yang mungkin ada di tubuh jangkrik ikut mati.

Langkah yang kedua adalah kita siangi jangkrik, buang bagian-bagian tubuh jangkrik yang tidak terpakai seperti kaki, kepala dan sayap jangkrik. Penyiangan kaki harus dilakukan secara hati-hati ya, agar tangan kita tidak terluka oleh duri-duri yang ada di kaki jangkrik.

Langkah ketiga adalah menyiapkan bumbu untuk membuat jangkrik crispy. Bumbu yang digunakan untuk membuat jangkrik crispy sama dengan membuat jamur crispy, yaitu tepung terigu, tepung tapioca, telur, bawang putih, bawang merah dan merica. Haluskan Bawang putih, bawang merah dan merica, kemudian disisihkan. Campurkan tepung tapioca dan tepung terigu, sebagai bahan celupan kita gunakan telur.

Jangkrik Crispy
Jangkrik Crispy


Lumuri jangkrik dengan bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok, lalu masukkan ke dalam tepung, aduk sebentar. Selanjutnya jangkrik berbalut tepung itu langsung kita goreng di minyak panas sampai berwarna kuning kecoklatan. Selesai. Jangkrik crispy sudah siap disantap

0 komentar:

Post a Comment