Tepung Jangkrik sebagai Sumber Protein Hewani terbaik. Tepung Jangkrik sebagai Sumber Protein Hewani terbaik. | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Sunday, 17 September 2017

Tepung Jangkrik sebagai Sumber Protein Hewani terbaik-anda mungkin enggan bila diminta memakan jangkrik atau serangga langsung, namun tahukah anda tepung jangkrik adalah jenis makanan sehat baru yang dapat disamarkan dengan cara dicampurkan dengan tepung bahan pembuat roti yang lain??
tepung jangkrik

Tepung jangkrik menjadi sangat popular sebagai bahan makanan yang mengandung protein tinggi. Kami percaya bahwa protein hewani merupakan bagian yang sangat penting bagi diet untuk kesehatan, seperti daging sapi dan daging ayam. Namun jika anda kesulitan mendapatkan protein hewani yang bagus karena harganya yang cukup mahal di pasaran, atau anda ingin mencoba jenis protein hewani yang lain, tepung jangkrik merupakan alternative yang paling bagus untuk anda.

Apa itu jangkrik?
Jangkrik adalah serangga yang dapat kita temukan di ladang atau di persawahan disekitar kita. Akhir-akhir ini serangga banyak dibudidayakan sebagai bahan ekstra fooding untuk hewan peliharaan seperti burung kicauan, reptile dan ikan hias.
Jangkrik seliring atau acheta domestica, mempunyai persebaran di seluruh dunia terutama di Amerika utara dan asia tenggara. Di Asia sendiri, jangkrik seliring banyak dibudidayakan di Indonesia sebagai bahan pakan burung kicauan, sedangkan di Negara lain seperti Thailand, jangkrik ini dibudidayakan sebagai bahan makanan untuk manusia.

Tepung Jangkrik : Sumber Protein Ramah Lingkungan

Bila dibandingkan dengan daging sapi dan daging kambing yang sudah diternakkan terlebih dahulu, nyatanya tepung jangkrik masih memiliki banyak keunggulan dari segi jumlah protein yang terkandung didalamnya, serta kemudahan dalam perawatan jangkrik itu sendiri.

Dari segi limbah gas buangan, bila dibandingkan dengan peternakan sapi, peternakan jangkrik tidak menghasilkan gas methane seperti yang dihasilkan oleh kotoran sapi. Selain itu, jangkrik tumbuh 20kali lebih cepat dari sapi atau kambing, sehingga menghasilkan protein lebih cepat. Dari segi tempat untuk budidaya, jangkrik tidak memerlukan tempat yang luas seperti peternakan sapi atau kambing. Di kandang atau gudang yang sederhanapun, kita dapat beternak jangkrik untuk menghasilkan tepung jangkrik yang kadar proteinnya 3x lebih tinggi dibandingkan dengan kadar protein dalam daging sapi atau daging kambing.

Apakah Jangkrik bisa Dikonsumsi?
Jangkrik atau serangga telah menjadi bagian dari bahan diet dan bahan makanan sejak beribu tahun yang lalu, khususnya di belahan dunia yang mempunyai iklim panas dimana jangkrik dapat berkembangbiak sepanjang tahun. Sekarang, lebih dari 80% Negara di dunia ini mengkonsumsi serangga umumnya dan jangkrik khususnya sebagai bagian dari menu diet mereka.

Lalu, apakah tepung jangkrik itu?
Tepung jangkrik adalah tepung yang terbuat dari jangkrik kering yang sudah digiling halus. Rasa dari tepung jangkrik ini lebih mirip rasa kacang yang disukai banyak orang. Dengan 2/3 bagian merupakan protein hewani murni, banyak orang menggunakan tepung jangkrik sebagai tepung berprotein tinggi. Sebagai tambaha, tepung jangkrik dapat menggantikan 25% dari keseluruhan jumlah tepung yang digunakan pada resep roti atau kue untuk meningkatkan kandungan protein pada resep tersebut.

Kandungan Dalam Tepung Jangkrik
Per 30 gram tepung jangkrik mengandung :
20 gram protein, termasuk 3.68 gram rantai asam amino.
2.4g serat
5 gram lemak
272 miligram vitamin b12, atau 113% dari kebutuhan kita.
2% zat besi dan kalsium.

Seperti bahan makanan yang berasal dari hewan yang lain, tepung jangkrik merupakan sumber utama dari vitamin b12, b2, kalsium dan zat besi. Sebagai catatan, meskipun daging sapi adalah sumber utama dari zat besi dan mineral lain yang terkandung didalamnya, namun sebuah studi ilmiah membuktikan bahwa zat besi dan mineral dari tepung jangkrik pada kenyataannya lebih baik dibandingkan mineral dari daging sapi.

Bila dibandingkan dengan berat yang sama dengan daging sapi, ternyata tepung jangkrik mempunyai protein lebih banyak 3x lipat. Protein dalam tepung jangkrik memiliki Asam Amino tertinggi, yang membantu membentuk energy di dalam otot dan meningkatkan tumbuh kembang otot, jadi tepung jangkrik sangat cocok dan bagus sebagai sumber protein untuk meningkatkan massa otot pada binaragawan atau body builder.
 
jangkrik sumber protein terbaik
Karena tepung jangkrik terbuat dari jangkrik utuh tanpa diproses, maka tepung jangkrik juga mengandung serat yang biasa disebut zat kitin, yang biasa kita temukan pada cangkang atau kulit jangkrik dan kulit serangga yang lain. Zat kitin ini mempunyai sifat mengikat yang bekerja sangat bagus saat digunakan sebagai bahan pembuat kue.

Amankah Mengkonsumsi Jangkrik?
Meskipun jangkrik aman dikonsumsi, sebaiknya jangan mengkonsumsi jangkrik yang anda temukan di sekitar rumah, atau di ladang.karena kita tidak tau apakah jangkrik yang kita temukan tersebut telah mengandung pestisida atau tidak..

Sebaiknya kita mengkonsumsi jangkrik atau tepung jangkrik yang berasal dari peternakan jangkrik. Peternakan jangkrik yang memproduksi jangkrik sebagai konsumsi manusia juga harus memperhatikan kebersihan dan higienitas peternakannya, sehingga jangkrik hasil ternak dapat secara aman dikonsumsi oleh manusia.

Yang perlu diperhatikan, apabila anda mempunyai alergi terhadap protein tinggi seperti alergi udang, alergi ikan laut maka anda mungkin juga akan alergi jika memakan jangkrik ini. Jadi, waspadalah bila memakan jangkrik atau tepung  jangkrik.

0 komentar:

Post a Comment