Umur JANGKRIK SIAP PANEN dan siap untuk dijual ke KIOS BURUNG

Umur Jangkrik Siap Panen dan Siap Jual Ke Kios Burung-Hal yang ditunggu-tunggu oleh para peternak jangkrik adalah saat jangkrik sudah menjadi jangkrik dewasa dan siap untuk dipanen. Peternak biasanya memanen jangkriknya dengan ukuran jangkrik sesuai dengan permintaan pelanggan. Bisa panen ketika jangkrik masih setengah dewasa ataupun panen ketika jangkrik sudah dewasa dan siap.

Umur jangkrik saat dipanen bervariasi, tergantung dari jenis jangkrik apa yang diternakkan.

Umur jangkrik siap panen


Panen Jangkrik kalung biasanya ketika jangkrik berumur 28-30 hari. Periode umur tersebut biasanya disebut dengan jangkrik clondo atau jangkrik tlondo. Jangkrik kalung saat umur 28 hari masih belum muncul sayap sempurna di punggungnya. Ukuran jangkrik kalung saat berumur 29 hari sudah terlalu besar sebenarnya, kadang para penghobi burung kurang suka karena burung suka membuang-buang jangkrik besar. 

Cara mempercepat panen jangkrik kalung dapat diupayakan dengan menambah porsi pakan jangkrik, memberikan vitamin yang mempercepat panen ataupun menambah suhu dan kelembaban saat membudidayakan jangkrik kalung. Biasanya 1 kg telur jangkrik menghasilkan jangkrik kalung dewasa sebanyak 100kg, dan menghabiskan pakan sebanyak 110-140kg voer ayam.

Panen Jangkrik alam atau jangkrik seliring umumnya saat jangkrik berumur 35-45hari. Saat umur tersebut umumnya dinamakan jangkrik clondo atau jangkrik tlondo. Jangkrik Alam ketika umur 35 hari masih belum muncul sayap sempurna di punggungnya. Ukuran jangkrik alam ketika berumur 29 hari belum terlalu besar. Sehingga para penghobi burung berkicau sangat suka bila membeli jangkrik alam saat dipanen umur 35 hari ini. Kekurangannya apabila dipanen umur 35 hari adalah bobot jangkrik kurang.. Cara mempercepat panen jangkrik alam bisa dilakukan dengan menambah porsi pakan jangkrik, memberikan vitamin yang mempercepat panen ataupun menambah suhu dan kelembaban saat membudidayakan jangkrik alam atau jangkrik seliring. Biasanya 1 kg telur jangkrik alam menghasilkan jangkrik alam dewasa sebanyak 90kg, dan menghabiskan pakan sebanyak 100-110 kg voer ayam.

Cara Panen Jangkrik yang benar

Cara panen jangkrik yang benar harus dipelajari oleh semua peternak jangkrik. Memang cara panen jangkrik terdengar mudah dan gampang untuk dipraktekkan. Namun ternyata, panen jangkrik tersebut mempunyai trik tersendiri supaya jangkrik tetap sehat, tidak gampang mati ataupun stres. Apabila kita memanen jangkrik dengan cara yang benar, maka jangkrik akan dapat diantar ke kios burung dengan kualitas yang prima. Oleh karena itu, mari kita belajar cara memanen jangkrik yang benar agar jangkrik tetap sehat dan berkualitas tinggi.

Umur jangkrik siap panen


Cara memanen jangkrik adalah sebagai berikut :

Bersihkan terlebih dahulu media tempat sembunyi jangkrik di dalam kotak atau box jangkrik secara perlahan-lahan, sedikit demi sedikit. Jangan biarkan jangkrik ikut terbuang atau berhamburan. Saat membersihkan eggtray atau klaras, kita juga siapkan karung atau kardus yang akan digunakan untuk membawa jangkrik ke kios burung. Isi dengan eggtray atau klaras secukupnya.
Ketika eggtray atau klaras tinggal 30% dari isi dalam box jangkrik, segera siapkan baskom dan timbangan untuk menimbang hasil jangkrik. Ketuk-ketuk eggtray yang ada di dalam box jangkrik ke dalam baskom, agar jangkrik berjatuhan dan berkumpul. Setelah cukup, segera timbang dan masukkan ke dalam karung atau kardus. Kemudian ikat atau lakban dan jangkrik siap diantar ke kios burung atau ke langganan.

Umur jangkrik siap panen



Demikian artikel tentang umur jangkrik siap panen dan siap dijual. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih 

Subscribe to receive free email updates: