Umur JANGKRIK Siap BERTELUR dari Jenis JANGKRIK KALUNG dan JANGKRIK ALAM Umur JANGKRIK Siap BERTELUR dari Jenis JANGKRIK KALUNG dan JANGKRIK ALAM | Jual Telur Jangkrik Online, Jual telur jangkrik murah, Penjual Telur Jangkrik, Beli Telur Jangkrik | Jual Telur Jangkrik Berkualitas
Tuesday, 19 December 2017

Umur JANGKRIK Siap BERTELUR dari Jenis JANGKRIK KALUNG dan JANGKRIK ALAM-Saat kita mengusahakan budidaya jangkrik, proses pengembangan usaha ternak jangkrik sangat tergantung oleh ketersediaan telur jangkrik yang akan ditetaskan. Peternak jangkrik biasanya mendapatkan telur jangkrik hasil dari beli telur jangkrik. Selain membeli telur jangkrik, peternak jangkrik biasanya memproduksi telur jangkrik sendiri untuk ditetaskan sendiri. Memang masing-masing cara baik membeli telur jangkrik maupun  memproduksi telur jangkrik sendiri ada kelebihan dan kekurangannya.

umur jangkrik siap panen
umur jangkrik siap panen


Kelebihan dari membeli telur jangkrik dari penjual telur jangkrik adalah sebagai berikut :
1.       Jadwal pengiriman bisa disesuaikan dengan jadwal penetasan di kandang jangkrik peternak.
2.       Proses penetasan dan pembesaran jangkrik dapat dipandu oleh penjual telur jangkrik tersebut
3.       Tidak pusing memikirkan persiapan indukan jangkrik dan memproses telur jangkrik sendiri
4.       Pesanan telur jangkrik dapat diatur sesuai dengan kebutuhan telur di kandang peternakan
5.       Adanya garansi kerusakan dan ketidaknetasan dari penjual telur jangkrik

Kelemahan membeli telur jangkrik dari penjual telur jangkrik

1.       Tidak adanya dukungan pengiriman dari ekspedisi saat alamat kita jauh dari pusat kota
2.       Keterlambatan pengiriman dari ekspedisi akan mengacaukan jadwal penetasan

Kelebihan dari membuat telur jangkrik sendiri adalah sebagai berikut :
1.       Bisa belajar lebih intens tentang cara peternakan jangkrik mulai dari membuat telur sampai menjual hasil panen.
2.       Gampang untuk mengatur jadwal dan mempersiapkan kondisi kandang

Kelemahan dari membuat atau memproduksi telur jangkrik sendiri :
1.       Biaya produksi yang terkadang lebih mahal dibandingkan dengan membeli telur jangkrik dari penjual telur jangkrik.
2.       Resiko kerusakan telur apabila salah penetasan atau indukan yang jelek.
3.       Waktu banyak tersita karena harus menyiapkan indukan, menyiapkan media untuk peneluran serta memanen telur jangkrik dari box jangkrik setiap hari

Umur jangkrik siap bertelur bervariasi, tergantung dari jenis jangkrik apa yang akan diambil atau diproduksi telurnya. Pada jangkrik kalung, indukan siap bertelur ketika berumur 45-50 hari. 
Umumnya jangkrik kalung yang siap bertelur mempunyai ciri-ciri sudah keluar sayap dewasa di punggungnya, jangkrik betina sudah mempunyai perut yang buncit serta jangkrik jantan sudah mengeluarkan bunyi ngerik untuk menarik perhatian jangkrik betina. Jangkrik kalung dapat bertelur setiap hari selama 14 hari berturut-turut.

cara menelurkan jangkrik


Dalam mempersiapkan indukan jangkrik kalung, perbandingan antara indukan jantan dan betina biasanya sebanyak 1 : 10. Maksudnya 1 jangkrik jantan dapat membuahi 10 jangkrik betina. Peneluran jangkrik dilakukan di box jangkrik tersendiri agar jangkrik lebih nyaman untuk bereproduksi dan bertelur.

Dari 1 kg indukan jangkrik kalung (betina dan jantan yang dicampur) dapat menghasilkan total sekitar 8 ons – 1 kg telur jangkrik dalam waktu 2 minggu. Selama jangkrik kalung bertelur, dapat diberikan pakan yang memacu produksi telur jangkrik agar tetap banyak dan bagus. Semakin bagus kualitas telur jangkrik, maka akan semakin cepat menetas dan hasil anakan jangkrik juga bagus.

Sedangkan pada jangkrik alam atau jangkrik seliring, indukan jangkrik alam akan siap bertelur ketika berumur 65-75hari. Umumnya jangkrik alam yang siap bertelur mempunyai ciri-ciri sudah keluar sayap dewasa di punggungnya, jangkrik betina sudah mempunyai perut yang buncit serta jangkrik jantan sudah mengeluarkan bunyi ngerik untuk menarik perhatian jangkrik betina. Jangkrik alam dapat bertelur setiap hari selama 20 hari berturut-turut.

Cara Menelurkan jangkrik yang benar.
Setelah jangkrik jantan dan jangkrik betina disatukan dalam satu box besar, ditunggu kira-kira 3 hari sampai dengan 4 hari agar jangkrik calon indukan tersebut beradaptasi dan mulai kawin. Setelah terlihat jangkrik indukan yang betina sudah mengorek-korek dasar box atau mencari tempat lembab, itu tandanya jangkrik betina sudah siap bertelur. Segera berikan loyang atau nampan berisi pasir halus agar jangkrik betina segera meletakkan telurnya. Telur jangkrik dikeluarkan oleh jangkrik betina dari jarum ovipost yang berada di ujung perut jangkrik betina. Jarum tersebut ditancapkan ke dalam pasir dan telur akan keluar dan diletakkan di dalam pasir. Jumlah telur yang diletakkan jangkrik betina sebanyak 5-20 butir setiap kali jangkrik betina menancapkan jarum ovipost nya.

cara menelurkan jangkrik di pasir
jangkrik bertelur di pasir


Setelah 2 hari berada di dalam box jangkrik, pasir yang sudah berisi telur jangkrik muda tersebut diangkat kemudian disimpan terlebih dahulu selama 4 atau 5 hari. Penyimpanan ini bertujuan agar telur jangkrik bisa berkembang dan menjadi tua sehingga siap diayak dan ditetaskan. Setelah nampan diangkat, kemudian segera ganti dengan nampan baru yang berisi pasir baru.
Proses tersebut dilakukan berulang kali selama jangkrik betina bertelur atau kira-kira selama 14-20 hari.

Setelah jangkrik bertelur selama 14 hari, jangkrik indukan tersebut siap diafkir. Afkiran jangkrik dapat diberikan sebagai pakan ayam atau pakan lele ternakan. Telur jangkrik yang sudah disimpan selama 5 hari siap diayak dan ditetaskan untuk menjadi bahan ternakan baru.

Demikian artikel tentang umur jangkrik siap Bertelur dan cara menelurkan jangkrik. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih 

0 komentar:

Post a Comment