Cara Memilih Indukan Jangkrik Betina Agar Menghasilkan Telur Berkualitas

Pada artikel yang telah lalu, Rajajangkrik telah membahas bagaimana cara menyiapkan box jangkrik untuk media peneluran jangkrik. Pada artikel kali ini, Rajajangkrik akan membahas mengenai cara mencari indukan jangkrik betina yang bagus. Pemilihan indukan jangkrik betina yang baik tentu akan mampu menambah hasil telur jangkrik dan kualitas anakan jangkrik secara maksimal.

Cara Memilih Indukan Jangkrik Betina

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah, umur jangkrik betina yang akan dipakai sebagai indukan haruslah cukup. Idealnya, umur indukan jangkrik betina minimal 45 hari atau 5 hari setelah jangkrik berganti kulit terakhir. Ini untuk memastikan telur yang dihasilkan nanti akan menjadi anakan jangkrik yang kuat, sempurna dan tidak gampang mati. Oleh karena itu, dengan pemilihan waktu peneluran yang pas sesuai dengan umur adalah faktor yang utama agar menghasilkan telur jangkrik yang berkualitas istimewa.

pilih indukan jangkrik betina

Calon Indukan Jangkrik Betina Dalam Kondisi Sehat
Setelah mendapati jangkrik betina yang sudah cukup umur untuk dijadikan indukan, selanjutnya adalah memastikan calon indukan jangkrik betina tersebut dalam kondisi sehat.

Untuk melihat ciri-ciri kondisi calon indukan adalah dengan melihat kondisi tubuh dan pergerakan jangkrik tersebut. Jangkrik yang sehat akan memiliki anggota tubuh yang lengkap, tidak cacat. Selain itu, pergerakan jangkrik juga terlihat aktif dan banyak makan.

artikel yang lain : Roti BS Sebagai Tambahan Pakan Jangkrik

Jika kondisi tersebut diatas dipenuhi, maka indukan jangkrik betina tersebut siap untuk dijadikan bahan untuk memperoduksi telur jangkrik yang super.
Indukan jangkrik Betina yang siap bertelur

Untuk mengetahui jangkrik betina siap bertelur atau belum, maka perhatikan perut indukan betina tersebut. Indukan jangkrik umumnya akan memiliki perut yang besar karena telah berisi dengan telur. Selain itu, jarum kecil panjang pada ujung perut terlihat sempurna. Jarum yang disebut ovipost itulah tempat jangkrik betina akan mengeluarkan telur-telurnya.

Indukan Jangkrik Betina Berkualitas


Calon Indukan Jangkrik Berkualitas Super
Sebenarnya, tips diatas sudah cukup untuk memastikan bahwa indukan jangkrik yang anda siapkan berkualitas sangat baik. Namun jika menginginkan indukan yang benar-benar berkualitas, sebaiknya ikuti tips dibawah ini :
Terjamin makanannya saat pembesaran hingga menjadi indukan.

Bahan indukan harus dijaga asupan makannnya dari mulai menetas hingga siap dijadikan indukan. Walaupun kita bisa memilih sembarang indukan jangkrik dengan perawatan yang kita tidak ketahui, misalnya dari beli di peternakan lain. Alangkah baiknya kita pelihara sendiri bahan indukan tersebut mulai dari menetas hingga sampai siap untuk dijadikan indukan agar kita mampu mengontrol pakan dan kesehatan indukan jangkrik itu sendiri.

0 Response to "Cara Memilih Indukan Jangkrik Betina Agar Menghasilkan Telur Berkualitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel