Kenapa Telur Jangkrik Tidak Menetas? Ketahuilah 3 Penyebabnya!!

Baca Juga

Banyak peternak jangkrik pemula yang menanyakan, kenapa telur jangkrik tidak menetas? Kalaupun sempat menetas, tidak full 100%. Kadang-kadang hanya 70%, 50% atau bahkan kurang.

Jangkrik betina saat sudah dewasa dan siap bertelur, akan tetap menghasilkan telur, meskipun tidak ada pejantan yang membuahi. Hal ini karena produksi telur di indung telur tetap berjalan. Namun, untuk menetas, jangkrik betina harus dikawin oleh jangkrik jantan. Untuk menghasilkan bibit jangkrik yang berkualitas, tentu pemilihan indukan yang berkualitas harus dilakukan secara cermat.

 Kenapa Telur Jangkrik Tidak Menetas?
Indukan Jangkrik Saat Bertelur 

Jawaban dari pertanyaan mengapa telur jangkrik tidak menetas sempurna, ada beberapa faktor dan syarat yang harus dipenuhi, agar telur jangkrik menetas dengan sempurna. Diantaranya adalah :

1. Adanya pejantan yang sudah siap mengawini indukan betina

Dalam box perkawinan, apakah ada pejantan jangkrik yang cukup? Kualitasnya sudah bagus?? Jangkrik pejantan yang kurang sehat atau ada cacat di tubuhnya tidak akan mengawini jangkrik betina dengan sempurna, sehingga telur yang dihasilkan jangkrik betina pun kualitasnya asal-asalan. Pakan saat indukan bertelurpun sangat berpengaruh terhadap kesuburan telurnya, sehingga mempengaruhi daya tetas telur. Untuk meningkatkan daya tetas telur jangkrik, pemberian pakan indukan harus menggunakan pur yang banyak protein.

2. Cara Penanganan Telur Sebelum Siap Ditetaskan

Telur jangkrik saat akan ditetaskan harus dalam keadaan siap. Maksudnya adalah umur telur harus tua, kondisi tetap bagus, tidak berjamur dan tidak gembos. Bila mendapatkan telur jangkrik muda, maka harus diperam dulu hingga benar-benar tua. Kesalahan peternak jangkrik pemula saat penetasan adalah terlalu memaksakan untuk menebar telur saat kondisi telur masih muda dan belum siap tebar. Hal ini akan mengakibatkan telur yang ditebar menjadi kempes atau gembos, kehilangan kadar air didalamnya. Sehingga tidak menetas dengan sempurna.


3. Cara Penetasan Telur didalam box

Penebaran telur jangkrik dalam box pun mempunyai peranan vital mempengaruhi netas sempurna atau tidaknya telur tersebut. penebaran yang terlalu tipis di media penetasan akan mengakibatkan telur rentan untuk gembos atau gosong. Penebaran yang terlalu tebal pun akan mengakibatkan telur jangkrik menggumpal dan terlalu lembab. Jangkrik yang menetas akan mengumpul dan menyebabkan kematian tinggi.

 Kenapa Telur Jangkrik Tidak Menetas?
 Kenapa Telur Jangkrik Tidak Menetas?


4. Pengaruh Suhu dan Kelembaban Udara

Suhu yang pas untuk penetasan telur jangkrik adalah diantara 27-30 derajat C. Kondisi suhu ini sangat ideal bagi telur jangkrik untuk menetas. Selain suhu kelembaban juga sangatlah berpengaruh. Apabila kelembaban kurang dari 80% saat penetasan, telur jangkrik akan cenderung kempes atau gembos, karena kadar air dalam telur berkurang, menguap. Namun, bila kelembaban saat penetasan diatas 98%, telur akan cenderung basah dan menggumpal. Meskipun bisa menetas, tetapi anakan jangkrik biasanya langsung mati setelah keluar dari cangkangnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Kenapa Telur Jangkrik Tidak Menetas? Ketahuilah 3 Penyebabnya!!"

Post a Comment