Persiapan Sebelum Menetaskan Telur Jangkrik

Telur Jangkrik yang akan ditebar didalam box jangkrik secara tidak tepat dan tidak benar, akan menyebabkan telur tersebut tidak akan menetas sempurna. Terkadang menjadi gembos atau kempes. Selain itu, persiapan box yang kurang benar atau kurang bersih, akan menyebabkan jangkrik yang baru menetas akan gampang mati.

Oleh karena itu, sebagai peternak jangkrik, anda harus memperhatikan kondisi telur jangkrik yang akan ditebar, kondisi box jangkrik yang akan digunakan serta kondisi suhu dan kelembaban saat penebaran telur jangkik tersebut. yang pada akhirnya akan meningkatkan tingkat keberhasilan penetasan, tingkat keberlangsungan hidup jangkrik (Survival Rate) dan memaksimalkan keuntungan dalam usaha ternak dan budidaya jangkrik.

Persiapan Sebelum Menetaskan Telur Jangkrik 




Lantas, hal-hal apa yang harus diperhatikan sebelum menebar telur jangkrik? Berikut ini penjelasannya

1. Kebersihan box Jangkrik

Hal yang pertama diperhatikan sebelum menetaskan telur jangkrik adalah kebersihan box. Box yang kotor akan menyebabkan jangkrik yang baru menetas gampang mati. Bakteri dan virus yang menempel di dinding box dan lantai box mengkontaminasi bayi jangkrik yang masih lemah dan rentan.

Jadi sebelum anda menetaskan telur jangkrik di dalam box, bersihkan dahulu box yang akan dipakai. Cara pembersihan box jangkrik dapat anda lihat di Video Cara Sterilisasi Box Jangkrik.



2. Umur Telur Jangkrik Yang Akan Ditetaskan

Sebelum menebar atau menetaskan telur jangkrik, perhatikan dahulu umur telur jangkrik yang akan ditebar. Bila umur telur jangkrik yang akan ditebar masih muda, sebaiknya diperam dulu hingga benar-benar tua. Karena dengan menebar telur jangkrik yang masih muda, kemungkinan menetas dengan baik akan semakin kecil. Tunggu hingga benar-benar siap ditetaskan. Cara pemeraman telur jangkrik dapat dilihat pada artikel Cara Memeram Telur Jangkrik Hingga Siap Ditetaskan


3. Suhu dan Kelembaban Dalam Box

Suhu dan kelembaban dalam box saat menetaskan telur jangkrik harus diatur sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan telur jangkrik yang akan menetas. Telur jangkrik membutuhkan suhu stabil antara 27-29 derajat c dan kelembaban 90% untuk menetas sempurna.

Bila suhu terlalu panas kemungkinan telur jangkrik yang ditebar didalam box jangkrik akan gosong. Namun bila suhu terlalu dingin, maka telur jangkrik akan lambat menetas.

Kelembaban pun mempunyai peranan penting dalam penetasan telur jangkrik. Bila kelembaban terlalu rendah, telur jangkrik yang akan ditetaskan akan gampang kering atau gembos, kadar air dalam telur lebih banyak menguap. Namun bila kelembaban terlalu tinggi, maka telur jangkrik akan mudah terkena jamur. Sehingga tidak akan menetas dengan sempurna.

0 Response to "Persiapan Sebelum Menetaskan Telur Jangkrik "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel