Pakan alternatif yang cocok untuk jangkrik

Pakan alternatif yang cocok untuk jangkrik-Pakan adalah hal yang wajib dipunyai oleh peternak jangkrik. Jangkrik adalah serangga yang sudah mulai banyak diternakkan oleh petani, sebagai usaha sampingan. Serangga ini sudah banyak dibutuhkan oleh pasar, untuk bahan pakan burung kicauan serta untuk umpan mancing. 


Meskipun kecil, bila kuantitas jangkrik yang diternak banyak, maka jangkrik juga memerlukan pakan yang banyak. Sedangkan ketersediaan sayuran di sekitar lingkungan menipis, hal ini memaksa para peternak jangkrik untuk mencari sumber pakan alternatif sebagai pengganti sayuran untuk pakan jangkrik ternakannya. 

Pakan alternatif yang cocok untuk jangkrik


Pakan jangkrik selain sayuran juga dapat diberikan berupa gedebog pisang, pohon pepaya, ampas tahu serta daun-daunan lain. Untuk memperoleh pakan jangkrik yang sudah kami sebutkan diatas, tidaklah sulit. Kita dapat mencarinya disekitar kebun tempat tinggal atau membeli di penjual pakan hewan ternak. 
Beberapa pakan yang cocok untuk jangkrik selain sayuran diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. Gedebog pisang

Pakan alternatif yang cocok untuk jangkrik

Gedebog pisang biasa digunakan oleh peternak jangkrik sebagai pengganti sayuran pakan jangkrik. Pemberian gedebog pisang ini dilakukan ketika jangkrik masih berumur 1 hari hingga umur 15 hari. 

Gedebog pisang ini mempunyai kadar air yang cukup tinggi, sehingga sangat bagus untuk diberikan pada jangkrik yang baru menetas. Namun bila diberikan pada jangkrik yang akan dipanen, tentu tidak bagus. Kadar airnya yang tinggi akan mengakibatkan jangkrik menjadi lembek, berair serta gampang mati ketika dipanen. 

2. Pohon Pepaya 
Alternatif kedua adalah pohon pepaya. Pohon pepaya yang sudah berumur akan mempunyai daging di dalam batangnya. Daging ini sedikit mengandung air dan sangat bagus untuk jangkrik.

Pakan alternatif yang cocok untuk jangkrik


Selain itu, pepaya juga mempunyai getah yang berfungsi untuk melunakkan protein atau pemecah protein alami, sehingga pemberian pohon pepaya pada jangkrik membantu pencernaan jangkrik memecah protein pur menjadi lebih sederhana dan dapat diserap maksimal oleh pencernaan jangkrik ternakan kita. 
Pemberian pohon pepaya dilakukan pada saat jangkrik berumur 20 hari hingga panen. Caranya dengan dibelah-belah seukuran 3 jari dan diberikan merata pada jangkrik ternakan. 

3. Ampas Tahu 
Ampas tahu juga dapat digunakan sebagai alternatif pakan jangkrik pengganti sayuran. Selain harganya murah, ampas tahu juga masih mengandung protein dari kedelai serta serat kasar. Kadar air yang tinggi pada ampas tahu dapat dikurangi dengan cara diperas sampai airnya berkurang dan kemudian dijemur. 
Pada saat diberikan pada jangkrik, dapat ditambahkan pur ayam secukupnya pada ampas tahu sehingga kadar airnya berkurang dan proteinnya semakin lengkap. 



Sebagai tambahan : 

pakan khusus ternak jangkrik

Untuk hasil yang lebih maksimal pada ternak jangkrik saat menggunakan pakan alternatif, tambahkan Raja Premix 800 (pakan khusus jangkrik) agar ternak jangkrik kita berkualitas, sehat lincah dan tidak gampang mati saat dipanen. 

Untuk pemesanan Raja Premix 800, anda dapat KLIK bit.ly/085608575111

Selain mudah ditemukan disekitar kita, pakan alternatif ini juga membantu para peternak jangkrik untuk mengirit pakan. 



0 Response to "Pakan alternatif yang cocok untuk jangkrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel