Penyebab Kegagalan Ternak Jangkrik


Salah satu makanan favorit hewan peliharaan seperti burung kicau, ikan hias, reptil adalah jangkrik. Hal itu dikarenakan jangkrik mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi hewan peliharaan anda.

Penyebab Kegagalan Ternak Jangkrik
Penyebab Kegagalan Ternak Jangkrik

Bagi anda yang ingin berminat untuk budidaya jangkrik, dapat belajar di website www.rajajangkrik.com ini dengan cara buka daftar isi Budidaya Jangkrik Paling Mudah.

Salah satu kunci sukses pada usaha budidaya ternak jangkrik adalah sabar dan telaten. Hal ini dikarenakan ternak jangkrik membutuhkan ketlatenan dalam penetasan, pembesaran, pemilihan pakan, penataan media pembesaran dan panen. Jangka waktu yang diperlukan untuk ternak jangkrik adalah 1 hingga 2 bulan.

Kendala pada saat ternak jangkrik


Pada setiap usaha budidaya pasti memiliki masalah atau kendala. Termasuk juga dalam usaha ternak jangkrik ini, untuk mengetahui penyebab kegagalan ternak jangkrik yang sering dirasakan oleh peternak pemula, adalah sebagai berikut :

1. Telur Jangkrik Tidak Menetas

Hal pertama yang sering dialami peternak pemula adalah telur jangkrik tidak menetas. Menetasnya telur jangkrik dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain kualitas telur jangkrik yang ditetaskan, cara penetasan serta suhu dan kelembaban waktu penetasan.

Bila salah satu faktor tersebut tidak bagus, maka jarang sekali telur jangkrik akan menetas dengan sempurna. Masalah yang timbul adalah telur jangkrik kempes, telur jangkrik menghitam saat ditebar atau malah jangkrik baru menetas akan mati.
Penyebab Kegagalan Ternak Jangkrik
Penyebab Kegagalan Ternak Jangkrik

Cara Mencegah Telur Jangkrik Tidak Menetas Bagus

a. Belilah telur jangkrik berkualitas bagus
b. Mintalah panduan cara penanganan telur jangkrik saat telur jangkrik tersebut sampai, kemudian cara penetasan yang baik, pada penjual telur jangkrik kepercayaan anda.
c. Jaga kondisi suhu dan kelembaban dalam box stabil selama penetasan dan pembesaran jangkrik.

2. Jangkrik dalam box dimakan predator

Hewan predator yang sering memakan jangkrik adalah semut, cicak, tikus, kadal, dan tokek. Hewan tersebut jika tidak dibasmi atau dicegah, akan dapat memakan bahkan menghabiskan jangkrik di dalam box dan dapat mengakibatkan usaha kita rugi atau bangkrut.

Cara mencegah agar semut tidak masuk box jangkrik

Memberi oli atau air pada kaki rak tempat kandang ternak dengan menggunakan botol atau yang lainnya, tujuannya agar semut tidak bisa naik melalui tiang tersebut,
Memberikan jarak antara rak dan tembok, agar semut tidak bisa masuk kandang melalui tembok.

Cara mencegah cicak atau tikus agar tidak masuk box jangkrik
Memasang kawat nyamuk pada box bagian atas. Agar cicak dan tikus tidak dapat masuk.

2. Jangkrik banyak yang mati umur 10-25hari
Terkadang sering kita jumpai jangkrik mati pada saat umur 10 hingga 25 hari, biasanya disebabkan oleh kondisi suhu box yang tidak dijaga stabil, sehingga menjadikan jangkrik stress dan tidak bisa bertahan hidup.

Cara mengatasi agar jangkrik tidak cepat mati
  • Menempatkan box jangkrik ditempat yang suhunya stabil tidak terlalu panas, tetapi tidak boleh terlalu dingin, karena suhu yang terlalu dingin juga bisa mengakibatkan jangkrik mati atau tidak nafsu untuk makan, hanya sembunyi saja di media.
  • Memberikan pakan tambahan yang mengandung cukup air, sebagai minumnya agar jangkrik tidak kekurangan air saat cuaca panas.
  • Memberikan lampu pemanas saat udara atau kondisi suhu dingin.
  • Usahakan untuk membuat sirkulasi udara dalam kandang lancar, agar udara selalu segar dan bersih.


Penyebab Kegagalan Ternak Jangkrik

3. Jangkrik Kanibal

Selain jangkrik mati setelah menetas, kendala yang lain yang dihadapi oleh para peternak jangkrik adalah jangkrik kanibal. Hal ini hanya dapat diketahui setelah jangkrik dipanen. Ciri-cirinya yaitu pakan pur yang dihabiskan mulai jangkrik menetas hingga panen sangat banyak, namun hasil panen jangkriknya sedikit. Tapi tidak terlihat ada jangkrik mati di dasar box atau di sela-sela eggtray.

Apabila itu terjadi, kemungkinan jangkrik mengalami kanibalisme cukup tinggi. Jangkrik yang didalam box saling makan dengan temannya. Ini disebabkan oleh kurangnya media tempat bersembunyi bagi jangkrik. Saat jangkrik mengalami fase ganti kulit, akan saling memakan dengan jangkrik lain yang berada di dekatnya.

Cara mengatasi agar jangkrik tidak kanibal
Salah satu penyebab jangkrik mengalami kanibal adalah kurangnya media tempat sembunyi jangkrik. Ketika jangkrik ganti kulit, akan saling memakan dengan jangkrik lain yang berada di dekatnya.

Solusinya adalah tambah eggtray atau media tempat sembunyi jangkrik sesuai dengan kapasitas jangkrik yang ada di dalam box, agar jangkrik tidak kanibal. Semakin banyak eggtray yang disesuaikan dengan banyaknya jangkrik di dalam box maka jangkrik akan leluasa ganti kulit tanpa diganggu oleh jangkrik lainnya
Serta jangan lupa berikan pakan yang mengandung kadar protein tinggi dan banyak mengandung serat agar pertumbuhan jangkrik normal, untuk makanannya bisa anda baca pada artikel saya sebelumnya yaitu: Makanan yang baik untuk ternak jangkrik agar cepat panen.

Itulah beberapa kendala atau kelemahan tentang ternak jangkrik yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan sukses TERIMA KASIH.


0 Response to "Penyebab Kegagalan Ternak Jangkrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel