Cara Membuat Pakan Jangkrik Murah-Rajajangkrik

Cara Membuat Pakan Jangkrik Murah-Rajajangkrik


Cara Membuat Pakan jangkrik Murah 

Sebagai peternak jangkrik, pastinya kita harus secerdas mungkin untuk urusan masalah pakan jangkrik. Kenapa demikian? Sebab bila kita cuma mengandalkan pakan pabrikan saja tentunya sangat “menguras isi dompet”. Hal ini dikarenakan harga pakan pabrikan tentunya mahal, dikarenakan harga bahan baku pakan yang naik turun dan tergantung oleh impor dari luar negri.
Cara Membuat Pakan jangkrik Murah

Saat bahan pakan pabrikan sedang turun, tentunya tidak masalah kita memakai pakan pabrikan sebagai alternatif pakan untuk jangkrik. Tapi bila pakan pabrikan naik terlalu tinggi, tentu tidak ada salahnya kita mencoba membuat sendiri pakan jangkrik yang terbuat dari bahan alternative yang tersedia disekitar rumah kita.

Dengan menggunakan pakan buatan sendiri, biaya pakan jangkrik bisa ditekan dan usaha peternakan jangkrik yang kita lakukan tetap menguntungkan dan bisa kontinyu berproduksi.



Untuk itu, saya sarankan sebagai peternak jangkrik harusnya bisa membuat pakan jangkrik mandiri. Pastinya akan jauh lebih menghemat pengeluaran. Alias memproduksi pakan jangkrik sendiri mempunyai kelebihan dibandingkan dengan Cuma mengandalkan pakan jangkrik buatan pabrik.

Saat menyusun komposisi pakan jangkrik diperlukan pengetahuan mengenai kebutuhan zat makanan yang dibutuhkan jangkrik berupa karbohidrat, protein, mineral dan vitamin.

Untuk anda yang belum mengetahui bagaimana cara menyusun komposisi dan takaran pakan jangkrik bisa belajar disini.

Cara Membuat Pakan jangkrik Murah
Cara Membuat Pakan Jangkrik Murah

Secara umum, yang perlu diketahui oleh seorang peternak jangkrik saat menyusun bahan pakan jangkrik adalah : kebutuhan zat makanan pada jangkrik tergantung dari umur jangkrik itu sendiri. Contohnya : jangkrik umur 1-14 hari membutuhkan pakan yang mengandung protein tinggi, rendah karbohidrat. 

Maka dari contoh tersebut diatas, kebutuhan zat makanan itu kita wajib menemukan komposisi pakan jangkrik dengan kandungan zat-zat yang sesuai.

Berikut ini cara membuat pakan jangkrik murah dan komposisi serta perbandingan pakan jangkrik untuk menggantikan pakan pur buatan pabrik.

Cara Membuat Pakan jangkrik Murah 

Untuk 100 kilogram pakan jangkrik maka kita membutuhkan:
KOMPOSISI BAHAN
Jagung (giling halus menjadi tepung) sebanyak 40 Kg
Dedak halus (bekatul) 40 Kg
Tepung tulang 1 ½ Kg
Tepung ikan 10 Kg
Bungkil kedele, giling halus menjadi tepung 8 Kg
Minyak nabati ½ Kg

LANGKAH SELANJUTNYA
Mixing (aduk semua bahan tersebut) dan beri kepada jangkrik secukupnya sesuai dengan kebutuhan harian jangkrik tersebut. Dalam hal ini anda haruslah memahami tentang kebutuhan pakan jangrkik sesuai dengan umur jangkrik tersebut.

No comments :

Post a comment