Rajajangkrik-info terkini 2020, Cara Ternak Ciblek Untuk Pemula

Rajajangkrik-info terkini 2020, Cara Ternak Ciblek Untuk Pemula

Burung Ciblek memiliki ukuran fisik yang tergolong kecil Rajajangkrik-info terkini 2020, Cara Mudah Beternak Ciblek


Cara Ternak Ciblek Untuk Pemula-Burung Ciblek miliki ukuran fisik yang termasuk kecil, cuma lebih kurang 12 cm terhitung dari ujung paruh sampai ekor. Ciblek pun adalah salah satunya model burung yang amat terkenal dikelompok fans burung kicauan, terbagi dari beberapa tipe serta dengan penebaran yang cukuplah luas di lokasi Indonesia. Dikenalitasnya yang tambah bertambah di kelompok

kicaumania membuat populasi burung ini di alam liar terus menyusut, oleh lantaran pemburuan yang tidak diikuti penangkaran.



Walaupun berperawakan kecil akan tetapi burung ciblek memiliki style fighter yang amat menarik, mental ngotot waktu berbicara dengan burung semacamnya. Burung Ciblek ini menyenangi wilayah sawah, kebun,kebun, pinggir rimba, serta di lebih kurang rumah masyarakat, dari dataran rendah sampai di ketinggian 1000m dari permukaan laut.



Banyak beberapa kicaumania yang pingin coba menangkarkan burung ciblek ini, akan tetapi lumayan banyak yang merasakan persoalan dalam proses pengembangbiakan nya. Persoalan ini pada umumnya berlangsung pada sesi menjodohkan serta sesi penangkaran. Maka kami akan mengupas sedikit perihal petunjuk metode penangkaran burung ciblek ini. Berikut di bawah ini yakni beberapa petunjuk metode penangkaran burung ciblek:

Mempersiapkan Sangkar

  1. Berternak Ciblek tak perlu kandang yang besar atau sangkar yang terlampau luas sebab ukuran burung tersebut lumayan kecil serta dapat diletakkan didugar simple.
  2. Sangkar yang dimanfaatkan untuk reproduksi sedikitnya mempunyai ukuran 35 X 35 x 60 Cm serta telah ditambahkan dengan sarang yang dapat diperoleh di penjual burung.
  3. Selebihnya kandang tetap harus steril, terlepas dari masalah juga termasuk waktu anda menukar serta memberikan pakan dan bersihkan kandang, semestinya kerjakan dalam sekejap serta jarang-jarang melihatnya.
  4. Waktu proses penjodohan, diperlukan sekurang-kurangnya 2 sangkar yang tidak sama, atau anda dapat menggunakan satu sangkar yang punya pemisah. Cara ini bertujuan untuk mengenalkan ke dua burung lebih dahulu sebab pada umumnya mereka memerlukan waktu menyesuaikan serta mengenali kedua-duanya.

Pemilihan Induk

Untuk reproduksi atau berternak, kita setidaknya membutuhkan dua burung dengan jenis kelamin berbeda. Apabila anda pergi ke penjual burung, biasanya mereka akan memberitahukan anda mana yang jantan dan betina. Namun, apabila mereka tidak tahu, anda bisa menggunakan beberapa panduan dalam mengenali ciri-ciri dan perbedaan antara Ciblek betina dan jantan.

Berikut ini beberapa persyaratan umum dalam pemilihan induk burung ciblek antara lain:
  • Pilihlah burung yang sudah jinak agar lebih muda dijodohkan.
  • Tidak memiliki cacat apapun dan tampak bugar atau sehat.
  • Usia burung minimal 1 tahun baik betina maupun jantan.

Proses penjodohan :

Dekatkan/tempel burung jantan serta betina dalam kandang tidak serupa dalam tempo satu hari,jika belum sama sama memberi respon,jauhi masing masing burung maka dari itu tak mampu sama sama menyaksikan kedua-duanya mengulang esok harinya serta naikan bagian EFnya, pagi 1 sendok makan, siang kroto 1/2 sendok makan, sore jangkrik 2 ekor atau kotoran jangkrik/tersisa potongan buat lolohan piyik kacer 1/2 sendok makan.



jika telah ada tanggapan dengan diikuti bunyi saut menyahut dengan irama solid, namun jangan buru-buru buru dahulu masukkan ke dalam kandang ternak upayakan ada kangen kedua-duanya dengan menyingkirkan namun burung masih mampu sama sama menyaksikan. Terkadang dekatkan serta jauhi lagi mengulang perlakuan ini dalam beberapa waktu, kalaupun sungguh-sungguh ada sama sama minat coba turunkan, buat jantan cukup 5 ekor saja betina berlainan sekali cermati pasangan itu jika betina mengupayakan minta serta jantan ingin berikan beberapa dari ini tanda-tanda pasangan sungguh-sungguh telah sesuai/jodoh sore hari bisa di coba buat dilepaskan dalam kandang ternak namun ef tak diberikan dengan maksud buat menghimpit birahi maka dari itu burung tak agresif serta tak tarung

sebab burung ciblek punyai pembawaan fighter yang kuat.



sesudah 2 hr tiada ef serta betul2 telah jodoh baru perlahan pelan EF kembali lagi di katrol, pagi 2 sendok teh, siangpun kroto 1 sendok makan, sore jangkrik 4 ekor/kotoran jangkrik 1 sumber daya manusia tengah buat voer konsisten diberikan spt biasa tetap ada.Jika birahi telah konstan maka bisa berlangsung perkawinan.serta

selang berapa saat burung mulai bertelur.

Kotak sarang :

Untuk kotak sarang anda bisa menggunakan gelas plastik bekas atau kotak kayu seukuran gelas  yang diisi serat nanas, daun cemara kering, Atau rumput kecil kecil yang kering.

Masa pengeraman :

Telur biasanya akan menetas setelah dierami kurang lebih 11 hari, dalam keadaan ini yang  perlu di perhatikan ketenangan burung jangan sampai terganggu.

Masa Penyapihan :

Piyik di sapih pada umur 4-5 hari /panen awal karena bila di sapihnya umur lebih dari 5 hari, resiko di buang oleh induknya sangat tinggi karena tingkat birahi burung ciblek sangat labil.


Ransum untuk anakan :

Sesudah disapih sampai waktu usia 8 hari menu yang di beCara Simpel Beternak Ciblekrikan cukup kroto fresh yang bersih dicampur serutan kalk dapat beli ke apotek 1 butir kalk cukup buat 7-10 hari, sesudah usia di atas 8 hr baru piyik diperkenalkan makanan penambahan berbentuk adonan encer voer (kroto kristal mactel halus) dicampur kroto fresh serta serutan kalk buat memperkokoh tulang dikasihkan 5-7 kali dengan jumlah sedikit sedikitSetelah usia 22 hr umumnya telah mulai belajar makan sendri, sediakan kroto fresh pada tempatnya..bila telah dapat makan optimal,campur kroto dengan sedikit Voer kering, sesudah usia 1bln burung mau makan voer.



Demikian sepintas berkenaan Cara Ternak Ciblek Untuk Pemula serta semoga bisa berguna, mudah-mudahan artikel di atas berubah menjadi rekomendasi buat yang ingin ternak Burung Ciblek. Baca terus Rajajangkrik buat memperoleh bermacam ragam info penting tentang dunia burung serta perawatannya. ,Sallam CiblekMania,,.

No comments :

Post a comment