Rajajangkrik-Perlu Anda Tahu 2020, Tips Breeding Burung Cendet/Pentet

Rajajangkrik-Perlu Anda Tahu 2020, Tips Breeding Burung Cendet/Pentet

Tips Breeding Burung Cendet/Pentet . Dalam ternak burung cendet, perawatan harian amatlah dibutuhkan supaya ternak anda berhasil- saat ini bukan lagi dipandang seperti burung liar yang umum berkeliaran bebas di alam, dikarenakan banyak peminat kicauan burung bagus buat rumahan atau kelas lomba mulai melirik burung type pemangsa ini sebab kicauan burung cendet mempunyai jenis irama serta lagu yang benar-benar bermacam. Tidak hanya jenis irama serta cerecetan kasar unik cendet, bodi serta warna burung cendet juga menarik maka dari itu banyak orang pelihara cendet dengan maksud untuk burung kelangenan dalam rumah.



Bersamaan semakin pertambahan pencinta burung cendet jadi banyak yang mau coba ternak burung cendet serta amatlah bisa jadi diselesaikan agar populasi burung ini di alam liar tidak semakin habis, berkat jika tidak diselesaikan penangkaran bukan tidak bisa jadi 5 th. ke depan burung ini akan hilang dialamnya dan tinggal masa lampau saja.


 perawatan harian sangatlah diperlukan agar ternak anda berhasil Rajajangkrik-Perlu Anda Tahu 2020, Tips Beternak Burung Cendet/pentet

Banyak cendet mania yang pesimis serta menyampaikan nyaris tak mungkin untuk melakukan penangkaran burung cendet, lantaran burung ini predator yang ganas. semuanya tak ada yg tidak mungkin seandainya kita ingin berupaya untuk coba, dengan sedikit kesabaran di atas rata-rata, kecermatan serta selalu berdoa, itu semua kunci keberhasilan dalam penangkaran burung apapun jenisnya. Berikut di bawah ini beberapa tahapan untuk penangkaran burung cendet:


Persiapan Indukan

Seperti teori pembiakan burung cendet, jadi perihal yang diperlukan disediakan kali pertama adalah menyediakan indukan jantan serta betina yang siap buat berubah biak, yaitu yang telah berusia minimal 1-1,5 th, baik Cendet Jantan atau Cendet Betina.



Mengenai tanda-tanda burung Cendet Jantan diikuti dengan bentuk kepala yang datar (cepak), punya alis dan kepala yang hitam legam bahkan ada yang sampai ke leher (blangkon). Tengah Cendet Betina berwarna makin puyeh (kusam) dengan kepala yang sedikit makin kembung (nonong).



Cendet Jantan bila telah menggapai waktu birahi yang cukup dapat makin rajin berkicau, dengan nyanyian yang merdu dan varian lagu yang bermacam ragam, selain itu burung pula tampil makin agresif dari kebanyakan. Tengah Cendet Betina dapat punya bunyi panggil sendiri buat memberikan isyarat kalau burung siap buat di kawin oleh cendet jantan yang diikuti dengan upayanya buat sarang.



Mengenai burung cendet yang dapat diternak sudah mestinya adalah burung yang telah jinak dan sedikitnya sudah tidak takut lagi dengan semua urusan manusia, biar burung makin enteng dalam perawatannya atau metode penjodohan.

Sangkar/Kandang Ternak

Sebab burung cendet ialah burung petarung serta burung pemangsa jadi sangkar ternak mesti dibikin selebar kemungkinan biar disaat masa penjodohan burung miliki kemudahan dalam terbang ataupun bermain. disamping itu dalam sangkar seharusnya pula disajikan tanaman perdu untuk bersembunyi serta tempat burung bertempat.



Burung yang udah siap mengerjakan pembiakan bakal menghimpun rumput serta ranting kecil mau bikin sarang, oleh karena itu sediakanlah rumput kering di basic sangkar biar burung dapat ambilnya sendiri dari sana. mengenai tempat menyimpan sarang dapat anda buat persiapan dari Batok kelapa yang di letakkan di tempat yang aman tak terkena hujan serta tak di serang hama seperti tikus serta semut.



Lebih baiknya kecuali menyediakan pohon perdu serta tempat sarang dari batok kelapa, anda pun menyediakan satu pohon yang semakin tinggi serta bercabang yang dapat jadikan tempat burung menyimpan sarangnya.



Sediakanlah wadah pakan yang lumayan besar, letakkan di tempat yang aman serta tak terganggu semut, wadah yang kami iktikad ialah tempat menyimpan jangkrik dalam jumlah gak terbatas, sebab burung yang bakal diternak mesti disajikan makanan EF jangkrik dalam jumlah yang banyak kecuali pula memberi Voer.



Semestinya Sangkar penangkaran dibikin di tempat yang terbuka dengan satu segi yang menghadap panas matahari, sesaat sisi lain ada juga tempat yang teduh serta beratap. Nyatakan pintu masuk terbagi dalam dua pengaman pintu, maka burung tak akan terlepas.

Proses Penjodohan

Sebelum mengawali penangkaran, terlebih dulu mesti menjodohkan sepasang burung cendet. Mengenai proses perjodohannya persis seperti trik menjodohkan tipe burung kicauan yang lain.



Burung Cendet Betina yang sudah siap kawin terlebih dulu di masukan dalam sangkar besar (sangkar breeding) biar burung rasa aman di wilayah itu, sesaat Cendet Jantan diamkan dahulu di luar didugar harian. Lihatlah bagaimana tingkah burung cendet jantan apabila memandang burung cendet betina, apabila burung amat sering berkicau serta menyanyi lantas pun berupaya untuk menguber betina, baru burung di buat jadi satu dalam wadah penangkaran.



Pada sesi awal penjodohan mampu jadi burung akan sama-sama bersitegang, apabila sang jantan yang menang serta mengontrol jadi penjodohan akan sukses, sebab pembawaan cendet betina semakin lebih mengalah pada cendet jantan yang semakin jawara. Lamanya waktu penjodohan tak semestinya terkait situasi burung serta tersedianya pakan.



Apabila burung telah terlihat jodoh, jadi burung betina akan mengawali menyatukan sarang,sesaat Cendet jantan cuma memandang serta memonitor kondisi. Selama waktu penjodohan seharusnya tak menunjukkan atau memperdengarkan bunyi burung cendet lain yang semakin

gacor, biar cendet betina tak ingin tahu dengan pejantan yang lain.

Perawatan masa penjodohan

Untuk perawatan selama masa penjodohan, yang paling penting adalah menyediakan EF yang cukup, yaitu Jangkrik satu hari 50 ekor, UK 2 sendok makan dan UH 1 sendok. dengan disediakan EF yang cukup dipastikan burung akan lebih cepat berproduksi. Untuk mandi dan minum sebaiknya sediakan air yang bersih yang diganti setiap hari.

Periode bertelur

Bila burung cendet telah di satukan biasanya tidak akan lama lagi akan bertelur. Dan biasanya burung cendet mampu menghasilkan 2-3 butir telur bahkan ada yang menghasilkan sampai 6 butir telur tergantung kematangan induknya.

Masa pengeraman 

Pada masa pengeraman, sebagian besar waktu induk betina dihabiskan untuk mengerami telurnya, sedangkan induk jantan yang akan menyuapi makanannya.Dalam masa proses pengeraman,indukan cendet/pentet membutuhkan ketenangan, kenyamanan di di dalam kandang dan sekitarnya.jauhkan dari gangguan tikus,anjing, cicak, semut, kecoa, serta hewan lainnya.Burung cendet biasanya mengeram memerlukan waktu selama 14 s/d 21 hari .

Masa Penetasan

Setelah burung cendet/pentet mengerami telurnya selama 14 s/d 21 hari ketentuan akan menetas, Agar kita mengetahuai apakah telur burung cendet sudah menetas atau belum sebaiknya dengan mengecek situasi lingkungan sekitar kandang, biasanya jika telur sudah menetas suka ada sisa
cangkang telur yang di buang burung cendet, sebaiknya untuk berjaga-jaga setelah umur pengeraman 14 hari setiap pagi kita mengeceknya, seandainya ada sisa cangkang maka segera lakukan pemberian pakan tambahan seperti jangkrik, ulat hongkong, kroto, belalang, cacing, ulat bambu, ulat kelabang, Belalang dan lainnya. Pemberian pakan tambahan ini harus selalu disesuaikan dengan kondisi dari masing-masing burung dan anda juga harus mengetahui efek dari pemberian pakan tambahan tersebut..

Meloloh Anakan

Pada waktu indukan sedang meloloh anakan,sebaiknya cukup di berikan makanan hidup ( jangkrik, belalang, ulat bambu, kroto ) setiap waktu pagi,siang dan sore hari, sampai si anak keluar dari glodok dan dapat makan sendiri.Biasanya anakan keluar dari glodok pada waktu berumur -/+ sekitar 3 mingguan. Tetapi menurut kebanyakan peternak, piyikan sebaiknya diambil dan di suapi sendiri agar burung kelak menjadi burung yang jinak. Selain itu juga keuntungannya bila anakan di rawat sendiri supaya mempercepat burung induknya segera berproduksi kembali.


Demikian Simulasi Teknik Bertenak Burung Cendet/Pentet yang bisa saya berikan, mudah-mudahan dapat berubah menjadi ide untuk CendetMania dimana lantas anda ada. Apabila anda sudah sukses breeding cendet secara anda sendiri, jadi dengan suka cita saya dapat terima saran anda perihal Trik Berternak Cendet yang betul.Mudah-mudahan berfaedah serta terima kasih sudah membaca artikel ini. Baca terus Rajajangkrik buat mendapat beragam ragam info penting tentang dunia burung serta perawatannya.


,,Sallam KicauMania,,.

No comments :

Post a comment