Rajajangkrik #2-info terkini 2020, langkah Mudah Beternak Burung Kacer Untuk Pemula

Rajajangkrik #2-info terkini 2020, langkah Mudah Beternak Burung Kacer Untuk Pemula

Source: Ternak Kacer, ternak kacer kandang gantung, kandang ternak kacer, penangkaran kacer, menjodohkan kacer, tips ternak kacer, artikel ternak kacer, sangkar ternak kacer, Sangkar gantung, beternak kacer poci, ternak murai batu, ternak kenari, cara ternak kacer. Ternak kacer bisa dibilang sangat menyenangkan bagi sobat penghobi burung kacer. Beternak atau menangkar burung kacer memang membutuhkan kesabaran tinggi, khususnya bagi pemula.


 bisa dibilang sangat menyenangkan bagi sobat penghobi burung kacer Rajajangkrik-info terkini 2020, Cara Mudah Beternak Burung Kacer


Cara Mudah Beternak Burung Kacer, beternak burung kacer benar-benar menjanjikan serta memberikan keuntungan, ditambah lagi jika burung kacer ternakannya produktif serta membuahkan banyak anakan. Supaya sukses dalam beternak burung kacer tentu saja memerlukan beberapa hal, termasuk juga keseriusan, kecermatan, ketelatenan, serta kesabaran yang tinggi sekali, terutamanya buat pemula. Cukup banyak beberapa peternak pemula yang tidak berhasil, serta pilih stop di tengah jalan karena hanya beberapa hal spesifik. Seperti induk jantan serta betina tidak ingin berjodoh, atau sebab-sebab yang lain. Maka dari itu, turuti langkah gampang beternak burung kacer berikut ini. Mengenai tentang yang penting diingat di dalam beternak burung kacer sebagai berikut:

Rajajangkrik #2-info terkini 2020, langkah Mudah Beternak Burung Kacer Untuk Pemula

A. Kandang Ternak
Yang perlu diperhatikan didalam pembuatan kandang ternak adalah ukuran panjang 1 meter  x lebar 1 meter  x tinggi 2 meter , ukuran kandang ini sangat ideal untuk penangkaran kacer dan didalamnya usahakan dibuat seperti di habitat aslinya. adapun hal-hal yang perlu diperhatikan didalam kandang adalah:

1. Tumbuh-tumbuhan
2. kolam buatan dapat diakali dengan memakai baki atau dari kaleng bekas
3. Area makan dan minum
4. tangkringan
5. gelodok tempat sarang
6. Tulang sotong

B. Indukan Burung
Mutu anakan kacer biasanya tergantung pada mutu indukannya, oleh karena itu, indukan harus memiliki mutu yang bagus yang mempunyai ciri kurang lebih seperti berikut:

1. Tidak cacat fisik
2. Postur tubuh besar dan panjang
3. Gerakannya gesit dan sorot matanya tajam
4. Sudah memasuki masa birahi -/+ sekitar umur 10 bulan
5. Rajin berkicau. Baca: Cara Merawat Kacer Cepat Gacor.

Catatan:
kacer betina sebaiknya dipilih yang agak jinak tetapi mempunyai sifat fighter yang cukup tinggi, dan biasanya dari hasil penangkaran.

C. Penjodohan
Step penjodohan tidak selamanya gampang, sebab ada ciri-ciri kacer yang tetap berkelahi waktu dimasukkan dalam kandang yang sama untuk dijodohkan. Untuk tehnik penjodohan indukan kacer anda mampu lakukan beberapa langkah berikut:



* Masukan indukan kacer jantan anda ke kandang.

* Selanjutnya masukan indukan kacer betina dalam sangkar ke kandang.

* Nantikan reaksi ke-2 indukan kacer itu apa telah nampak rukun atau belum.

* Beberapa ciri indukan kacer telah rukun ialah kacer jantan terus berkicau sekalian merapat ke betina, serta sang betina menanggapinya dengan turun kedasar sangkar sekalian berkicau ciri khas kacer betina/ngeleper-ngeleper.

* Jika belum jodoh, umumnya betina akan menghindar serta cuek pada kacer jantan.

D. Periode Bertelur
Sesudah indukan disatukan, tidak akan lama indukan betina akan bertelur dan pada umumnya burung kacer bertelur 2-3 butir. Janganlah lupa senantiasa sediakan tulang sotong sepanjang masa penjodohan dikarenakan tulang sotong sangat membantu di dalam pembuatan cangkang telur supaya kuat.

E. Masa Pengeraman
Dalam masa pengeraman, indukan kacer membutuhkan kenyamanan dan ketenangan di kandang dan disekitar kandang. Pastikan tidak ada gangguan tikus, kucing, anjing, semut, cicak, kecoa dan hewan lainnya. Masa pengeraman biasanya memerlukan waktu selama 14 hari sejak telur pertama keluar.

F. Periode Penetasan 
Sesudah burung kacer mengerami telurnya semasa 14 hari,tentu saja telur akan menetas. Perhatian: Untuk tahu apa telur burung kacer telah menetas atau belum seharusnya dengan lihat keadaan lingkungan kandang kira-kira apa ada tersisa cangkang telur yang dibuang atau mungkin tidak, seharusnya untuk jaga-jaga sesudah usia pengeraman 10 hari masing-masing pagi memeriksanya, apabila sudah ada tersisa cangkang yang dibuat selekasnya beri makanan penambahan berupa kroto fresh dan jangkrik.

G. Meloloh
Di saat meloloh, cukup beri makanan hidup ( jangkrik, belalang, ulat, kroto ) setiap saat pagi,siang serta sore hari, sampai sang anak keluar dari glodok serta bisa makan sendiri. Umumnya anakan keluar dari glodok di saat berusia 3 mingguan, usia empat minggu anakan telah studi makan dengan langkat ikut mematuk-matuk jangkrik yang didapat dari induknya, tetapi agar bisa makan sendiri umumnya berusia 5 mingguan.

H. Mensapih Anak
Proses penyapihan biasanya dilakukan pada waktu si anak sudah bisa makan sendiri atau waktu si indukan sudah mulai mematuki anak waktu anak mendekat, dan itu tandanya si indukan akan segera bertelur lagi. Dan jangan lupa mengajarinya dengan makan voer halus dengan dicampur kroto.


Cara Mudah Beternak Burung kacer Diatas hanya penjelasan global saja, dan mudah-mudahan dapat bermanfaat, semoga artikel diatas  menjadi referensi bagi yang ingin ternak burung kacer..Semoga sukses...Amiin..

No comments :

Post a comment

JavaScript 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15