Rajajangkrik #4-Info Terbaru 2020, Cara Ternak Burung Cucak Hijau Untuk Pemula

Rajajangkrik #4-Info Terbaru 2020, Cara Ternak Burung Cucak Hijau Untuk Pemula

Burung Cucak Hijau salah satu burung kicau yang banyak disukai oleh banyak penggemar burung kicau. sebab punya bunyi yang serta unik pula punyai warna yang tampak mewah ialah, hijau. barangkali sejumlah orang, banyak yang menduga jika beternak burung cucak hijau sebagai soal yang kemungkinannya kecil kalau di melakukan dalam rumah, sebab memang habitat aslinya di rimba hingga jarang-jarang sekali banyak penghobi burung buat menangkarkannya, akan tetapi kita tidak usah berkecil hati saat ini telah banyak banyak penghobi burung kicauan yang udah sukses menangkarkannya dalam rumah, apabila dengan catatan kita harus jeli serta mengerti triknya dengan benar dan baik.

 adalah salah satu burung kicau yang banyak digemari oleh para pecinta burung kicau Rajajangkrik-Info Terbaru 2020, Cara Mudah Beternak Burung Cucak Hijau
Cara Mudah Beternak Burung Cucak Hijau
Nah, disini kami akan coba berikan beberapa tips cara mudah beternak burung cucak ijo yang baik dan benar dan sangat besar potensinya untuk berhasil. Langsung saja berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana Cara Mudah Beternak Burung Cucak Hijau agar berhasil :

1. Pemilihan Indukan Cucak Hijau

Yang pertama yang harus anda persiapkan adalah memilih indukan cucak hijau yang berkualitas bagus. Indukan yang berkualitas bagus akan berdampak positif bagi anda karena dapat menghasilkan keturunan/anakan yang berkualitas baik pula. Dalam memilih indukan cucak hijau, simak tip-tips berikut ini :

*Tidak cacat fisik.
*Indukan cucak hijau jantan berusia di atas 2 tahun.
*Indukan cucak hijau betina berusia di atas 1 tahun.
*Kondisi kesehatan cucak hijau harus bagus.
*Indukan harus lincah.
*Gacor/rajin berkicau bagi cucak hijau jantan.
*Memiliki badan yang serasi (besar dan panjang).

2. Proses Penjodohan

Seusai anda usai menentukan indukan jantan serta betina cucak hijau, setelah itu proses penjodohan indukan. Dalam menjodohkan cucak hijau, ada sejumlah kesukaran khususnya susahnya bikin jantan serta betina berjodoh. Buat menanggulangi itu, berikut di bawah ini kami beri panduan serta tehnik menjodohkan indukan cucak hijau :



*Masukkan indukan cucak hijau jantan dalam sangkar ke kandang.

*Kemudian tambahkan indukan cucak hijau betina dalam sangkar ke kandang.

*Dekatkan ke dua indukan tapi berlainan sangkar.

*Tunggu reaksi ke dua indukan Cucak Hijau itu apa telah kelihatan rukun atau belum.

*Anda mampu memakai penyekat/papan pada sangkar jantan serta betina.

*Untuk ketahui telah jodoh atau belum anda tinggal buka penyekat.

*Ciri-ciri indukan cucak hijau telah rukun yakni cucak hijau jantan terus berkicau sembari merapat ke betina, serta sang betina menanggapinya dengan turun ke fundamen sangkar sembari berkicau unik cucak hijau betina/ngepler-ngepler.

*Kalau belum jodoh, umumnya betina akan menghindar serta cuek pada cucak hijau jantan.

Proses penjodohan indukan cucak hijau bisa saja cepat (sekitar 1-2 minggu) tetapi bisa juga sampai 1bulan. Semua tergantung dari kondisi birahi keduanya.

 adalah salah satu burung kicau yang banyak digemari oleh para pecinta burung kicau Rajajangkrik-Info Terbaru 2020, Cara Mudah Beternak Burung Cucak Hijau

 3. Kandang Ternak Dan sarang

Untuk kandang penangkaran/peternakan cucak hijau berbeda dengan kandang hariannya. Saat beternak cucak hijau anda membutuhkan kandang yang lebih luas dan nyaman agar CI jantan dan betina lekas kawin dan bertelur. Berikut ini saran dari kami untuk kandang beternak cucak hijau berdasar para peternak CH yang telah berhasil :

*Tinggi kandang 2,5 meter.
*Lebar kandang 3 meter.
*Sediakan tempat pakan
*Sediakan tempat minum
*Sediakan karamba atau tempat mandi
*Sediakan tangkringan
*Sarang bisa menggunakan batok kelapa yang dibelah.
*Di dalam kandang ditaruh pepohonan yang rindang seperti pohon belimbing, sawo, mangga, atau pohon lain yang rindang.

Untuk bahan-bahan membuat sarang cucak hijau, anda cukup menggunakan daun cemara/pinus atau bisa juga dengan merang. Sebagian ditaruh di dalam kotak/gelodok untuk merangsang cucak hijau segera membuat sarang, sebagian lagi ditaruh di dasar kandang.

4. Pakan Burung Cucak Hijau

Untuk beternak cucak hijau memerlukan pakan yang tak seperti perawatan harian sebab kepentingan bakal nutrisi jelas bertambah sebagian dari pada umumnya. Pakan waktu penangkaran mesti bertambah sebagian dari hari biasa, seperti voer, cacing, serangga, serta buah-buahan. Yang perlu yaitu konsumsi gizi untuk indukan cucak hijau semestinya setimbang serta perlu diingat untuk berikan multivitamin di pada air minumnya. Beberapa muatan nutrisi yang diperlukan cucak hijau waktu reproduksi anatar lain mineral, kalsium, vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C serta K3; zat prinsipil seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, FoliC Acid, serta Ca-D Pantothenate.

5. Masa Pengeraman Burung Cucak Hijau

Dalam periode pengeraman, indukan cucak hijau perlu kenyamanan serta ketenangan di kandang serta seputar kandang. Tekankan tidak ada masalah tikus, kucing, anjing, semut, kecoa atau mukait. Waktu pengeraman cucak hijau seputar 14 hari (2 minggu), serta daya tetas telur bergantung dari situasi kondisi serta betina tersebut. Jadi anjuran, di saat periode mengeram kurangilah berikan EF sebab bisa bikin cucak hijau agresif serta birahi tinggi serta bakal beresiko jelek pada telur yang dierami. Sebelum telur menetas (seputar dua hari sebelum menetas) perbanyaklah berikan EF serta ingat sajikan kroto. Diamkan indukan cucak hijau berikan makan anakannya dengan koroto, sebab kroto bagus untuk anakan cucak hijau yang baru menetas.


6. Masa Meloloh Anakan Cucak Hijau

Ketika anakan cucak hijau berumur 5-10 hari, anda dapat ambilnya/disapih untuk diloloh sendiri. Jangan mengambil anakan cucak hijau sebelum berumur 5 hari, namun jangan sempat lebih dari pada 10 hari. Anda dapat menyimpan anakan cucak hijau di wadah apapun, yang perlu ialah ada prinsip bahan yang sama yang ada pada sarang awalnya. Dapat dengan kapas, atau daun cemara/pinus. Letakkan wadah itu dalam box. Untuk mengawasi kehangatan anakan cucak hijau, gunakanlah lampu di box.



Pakan yang kami anjurkan untuk anakan cucak hijau berumur 5-10 hari ialah kroto yang bersih (bebas kotoran serta bangkai semut). Suapkan kroto itu dengan alat penjepit dari bambu/alat lain dengan perlahan-lahan. Ingat untuk teteskan sedikit air ke kroto sebelumnya dilolohkan supaya gampang untuk ditelan. Ketika anakan cucak hijau berumur di atas 7 hari, anda dapat berikan kroto yang di campur dengan adonan voer. Anda pun dapat mengimbuhkan multivitamin untuk jamin kepentingan mineral serta vitamin untuk anakan cucak hijau.



Ketika anakan cucak hijau berumur 15 hari ke atas, anda dapat berikan pakan berbentuk jangkrik yang udah dipotong kakinya serta kepalanya dipencet. Tambah lebih baik lagi kalau jangkriknya tengah mabung yang masih tetap lembut serta berwarna putih. Kalau anakan udah mulai melompat-lompat di box sarang, anda dapat mengalihkan anakan cucak hijau itu ke sangkar menggantung. Namun yakinkan fundamen sangkar menggantung masih dikasih prinsip bahan yang sama juga dengan bahan pembuat sarang. Anda pun dapat memberikan tangkringan bertingkat supaya anakan cucak hijau belajar melonjak dari tangkringan paling bawah ke tangkringan di atasnya.

 adalah salah satu burung kicau yang banyak digemari oleh para pecinta burung kicau Rajajangkrik-Info Terbaru 2020, Cara Mudah Beternak Burung Cucak Hijau

7. Manajemen Indukan Cucak Hijau

Nah, seusai anakan cucak hijau diambil pada umumnya dalam 7-10 hari lalu indukan cucak hijau betina dapat bertelur lagi. Oleh karena itu kasih pakan serta EF yang sama seperti waktu jaman kawin (seusai penjodohan) untuk tingkatkan birahi serta selekasnya bertelur lagi. Indukan cucak hijau waktu mabung tidak langsung rontok semua bulu-bulunya, namun sedikit-sedikit (nyulam). Apabila keadaan fisiknya sehat serta bugar karenanya indukan cucak hijau tetap bereproduksi. Cukup simpel tidak untuk beternak burung cucak hijau? Yang pastinya anda jangan putus harapan saat tidak berhasil atau mungkin tidak maksimum, namun coba lagi serta tidak mengulang-ulang kekeliruan. Lantaran guru yang terpilih ialah pengalaman, bukan demikian kawan dekat kicaukan?



Demikian info yang bisa kami berikan terkait Trik Simpel Beternak Burung Cucak Hijau. Mudah-mudahan berfaedah serta mudah-mudahan artikel di atas berubah menjadi rekomendasi buat yang ingin ternak burung cucak hijau. Selamat coba, mudah-mudahan sukses serta mudah-mudahan kita semuanya selamanya ada di dalam lindungan Allah SWT.Amiiin!. Serta Terima kasih sudah membaca artikel ini. Baca terus Rajajangkrik untuk memperoleh pelbagai jenis info penting tentang dunia burung serta perawatannya. Apabila ada kekurangan atau kekeliruan, memohon di maafkan.

No comments :

Post a comment

JavaScript 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15