Rajajangkrik #7-Perlu Anda Tahu 2020, Beginilah Cara Untuk Sukses Ternak Burung Murai Pemula

Rajajangkrik #7-Perlu Anda Tahu 2020, Beginilah Cara Untuk Sukses Ternak Burung Murai Pemula

Di bawah ini dapat kupas langkah ternak murai batu poligami dimulai dengan pengerjaan kandang, pemberian pakan, perawatan. insyaalloh ditanggung komplet. Dengan pencarian berkaitan langkah ternak murai batu untuk pemula, beternak murai batu komplet, Harga Pakan Murai, langkah ternak murai batu mode poligami, beternak murai batu di kandang minimalis, langkah beternak murai batu disangkar menggantung, langkah beternak murai batu tangkapan rimba, langkah bikin kandang ternak murai batu, video ternak murai batu, ternak murai batu ekor panjang dan lain-lain. Beternak murrai batu, sekarang ini sebagai burung kicau yang banyak digandrungi oleh beberapa kicau mania di semuanya seluruh nusantara, lantaran tidak cuman warna bulunya yang menarik, burung ini memiliki kekhasan saat kita melihat type kicauannya sekalian mainkan lentik Ekor yang indah serta menarik. Peternak Murai Batu, sekarang ini makin banyak baik itu yang baru nyoba, atau, bila anda mau jadi peternak jabatanonal buat jadikan sebagai sumber pendapatan, memang tidak terlampau susah. Prasyarat pertama untuk dapat beternak Murai Batu ialah punyai tekun, tekad, ulet, pula sedikit kemampuan.

Murrai batu mampu jadi komoditas burung yang sampai sekarang ini masih ada di level teratas, tetapi benar-benar di menyayangkan populasinya yang semakin terus turun sebab di sebabkan pemburuan. Bersamaan makin berkurangnya jumlah populasi burung murai batu, belakangan ini banyak beberapa penghobi burung serta pelaku bisnis yang berusaha untuk beternak burung murrai batu sendiri. Kecuali hoby, beternak burung murrai batu ialah satu kesempatan usaha yang memberikan keuntungan serta menjanjikan. Apa anda tertarik dengan kesempatan usaha ini???. Dalam berternak burung, sebagian besar unsur benar-benar tentukan. Baik itu ukuran kandang serta kebersihan kandang, perlakuan anda tiap hari pada burung-burung itu untuk pemiliknya, pemberian pakan, serta sampai, lingkungan tempat anda menempatkan burung itu akan punya pengaruh.

Jadi Agar berhasil dalam Cara Sukses Ternak Burung Murai Batu Untuk Pemula, tetunya banyak hal yang harus di pelajari, termasuk kesungguhan, keuletan, ketelatenan dan tentunya kesabaran, khususnya bagi para pemula. Tidak sedikit para peternak pemula yang gagal, hanya karena hal-hal tertentu. Oleh karena itu, ikuti Cara Sukses Beternak Burung Murai Batu Untuk Pemula di bawah ini.

 Berikut ini akan mengupas cara ternak murai batu poligami mulai dari pembuatan kandang Rajajangkrik-Perlu Anda Tahu 2020, Cara Sukses Ternak Burung Murai Batu Untuk Pemula
Cara Sukses Ternak Burung Murai Batu Untuk Pemula

BERIKUT HAL-HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN DALAM BETERNAK BURUNG MURAI BATU


1. Persiapan Lokasi

Menentukan lokasi kandang adalah hal pertama yang perlu Anda perhatikan. Karena tempat yang nyaman memudahkan burung beradaptasi dan terhindar dari resiko stress. Syarat-syarat lokasi yang baik untuk beternak murai meliputi:

1. Pemilihan lokasi kandang yang tenang dan nyaman.

2. Jangan memilih tempat seperti dekat dengan pabrik, bengkel, atau pun terlalu bising dengan lalu lalang kendraan bermotor.

3. Lokasi yang ideal sebaiknya juga harus aman dari ganguan binatang liar maupun pencuri,Sebaiknya lokasi kandang yaitu berada didekat rumah baik dihalaman samping, depan atau pun belakang, serta bisa juga menyewa tempat untuk pembuatan kandang ternak murai.

4. Usahakan di tempat untuk penangkaran tidak ada burung lain yang dapat menggangu dan bahkan membuat burung mejadi marah dan tidak mau bereproduksi.

2. Pembuatan Kandang Ternak Murai batu

Untuk mendesain dan mendekorasi kandang anda mampu melakukanya sesuai kemauan anda, namun ada bebarapa hal yang penting diingat dalam pengerjaan kandang dalam beternak murai.



* Cara yang pertama bentuk kandang sesuai tempat yang sudah anda sediakan awalnya, dengan ukuran minimum P 90 L 90 T 180 cm, atau bisa sesuai dengan kemauan anda.



* Bentuk kandang yang baik yakni mempunyai fundamen langsung dengan tanah atau mampu dengan pasir yang sedikit digabung dengan kapur, berperan untuk mengatur keasaman kotoran yang bisa mengakibatkan kandang jadi lembab yang memunculkan banyak penyakit.



* Kandang harus disekat dibikin dengan tembok, triplek atau pemisah lainnya, supaya temperatur di dalam kandang masih terbangun serta terlepas dari ganguan tikus atau burung lainnya.



* Dalam pengerjaan kandang untuk ternak murai harus diberi ruangan terbuka untuk kandang mendapatkan pencahayaan cahaya matahari yang tutup dengan strimin, sebab pencahayaan benar-benar bagus untuk mejaga kesehatan burung.



* Usahakan kandang terlindung dari hembusan angin yang kencang, sebab ini akan jaga kenyamanan burung jadi tidak gampang terkejut.



* Kandang yang baik seharusnya diberi perputaran air untuk minum burung, disamping itu dengan andanya saluran air bisa membuat burung jadi makin nyaman seperti di alam bebas.



* Siapkan sarang untuk tempat bertelur burung. Sarang yang disiapkan usahakan jangan cuma satu jenis tetapi seharusnya siapkan 2-3 mode. Hingga burung mampu pilih sarang mana yang pas untuk burung itu.



* Untuk jaga temperatur di saat musim hujan, di dalam kandang disiapkan lampu ukuran 5-10 watt yang berperan sebagai penerangan pada malam hari.

 3. Penyiapan Indukan Murrai Batu

A. Indukan Pejantan 
* Pilih burung murai yang sudah jinak atau tidak takut dengan kehadiran manusia, karena burung yang jinak akan lebih mudah untuk menangkarnya, tidak seperti burung murai batu tangkapan hutan yang masih harus adaptasi selain itu juga tingkat setress burung cukup tinggi sehingga agak sulit untuk dijadikan indukan.

* Untuk memilih induk disarankan diambil dari peternak atau hasil penangkaran hal ini akan memudahkan anda mengawali usaha beternak murai.

* Pilih pejantan dengan umur lebih dari 2 tahun biasanya dengan usia tersebut burung sudah lebih matang untuk bereproduksi.

* Pejantan yang baik, tidak memiliki cacat fisik baik pada kaki, sayap, kepala, mata ataupun pada bagian lainya.

* Pilih pejantan yang dalam keadaan sehat, memiliki napsu makan kuat, bergerak lincah, bulu tidak kusam. Karena burung yang sehat juga akan semakin mudah untuk diternakan.

B. Indukan Betina 
* Burung induk betina memiliki usia yang usianya sudah siap untuk betina gunakan betina usia lebih dari 1 tahun, pada betina yang pertama kali bertelur kadang telur tidak menatas hal itu wajar karena itu merupakan telur pertama kali.

* Pilih betina yang sehat pula, lincah bergerak dan napsu makanya banyak. jangan pilih burung yang memilki badan kurus, itu menandakan burung kurang sehat, sangat rawan kematian jadi wajib anda hindari.

* Untuk induk betina yang baik sama dengan pejantan yaitu pilih yang jinak tidak takut dengan manusia yang diperoleh dari hasil penangkaran. Pada betina yang jinak biasanya proses pengeraman telur bisa berjalan dengan baik, karena burung tidak mudah kaget akibat kedatangan anda saat memberi pakan.

* Kadang ada yang menyarankan pilih betina dengan warna yang keabu-abuan itu juga bagus, namun sebenernya hal tersebut bukan menjadi faktor utama dalam memilih betina yang berkualitas.

* Dan yang terakhir pastinya jangan memilih induk betina yang cacat fisik, baik pada sayap, kepala maupun pada kakinya.

4. Penyediaan Pakan Berkualitas

* Pakan berkualitas adalah pakan yang memiliki kandungan nutrisi lengkap, mulai dari karbohidrat, energi metabolisme, protein, lemak, serat kadar, hingga vitamin dan mineral dalam jumlah cukup dan serasi. Umumnya pakan dalam bentuk voer dan serangga sudah memiliki kandungan nutrisi seperti itu, kecuali vitamin dan mineral yang terkadang susah di kontrol dan perlu di suplai dari luar.

* Makanan utama murai batu, sesuai dengan kebiasaanny di alam bebas,adalah serangga dan cacing tanah. Serangga yang biasa diberikan antara jangkrik, telur semut rangrang alias kroto, ulat hongkong, dan ulat kandang. Serangga diusahakan selalu tersedia setiap hari, lebih baik 2-3 jenis serangga. cacing pun di usahakan setiap hari tersedia.

* Namun, bukan tidak mungkin Anda akan kesulitan mendapatkan serangga, terutama ketika stok di toko/kios burung habis. Itu sebabnya, mengapa murai batu yang dipelihara atau di tangkarkan selalu di latih makan voer. Tujuan awal sebenarnya untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk seperti itu.

* Sekarang voer sudah menjadi menu wajib, disandingkan dengan serangga yang posisinyamalah digeser sebagai makanan tambahan (Extra fooding).Tetapi itu tidak menjadi masalah, yang penting burung setiap hari bisa makan dengan kandungan nutrisi yang memenuhi kebutuhan hidupnya. Yang penting, bahan pakan disediakan dalam kondisi segar dan setiap hari di ganti.

5. Obat Dan Suplemen Burung

* BirdMature / BirdHormone
* TestoBird dan EstroBird
Produk-produk di atas bisa digunakan untuk mengatasi burung yang sulit dijodohkan, birahinya rendah sehingga tidak mau mengawini atau dikawini, meningkatkan fertilitas dan daya tetas telur, dan lebih menjamin kualitas kesehatan piyik murai batu yang baru menetas.


6. Pemeliharaan Anakkan Murrai Batu

Pemeliharaan anakan burung murai saat burung masih kecil sangat diperlukan, ada beberapa perlakuan dalam beternak burung murai agar anakan terhindar dari kematian.

Simak Langkah-langkah perawatan anakan murai batu:

Apabila induk mampu jaga serta berikan pakan secara baik, karena itu yang harus kita kerjakan yakni memberi tambahan pakan serangga (Extra fooding) Berwujud jangkrik serta kroto biar anakan tercukupi gizi yang diperlukan.



Babak ke dua adalah di waktu tingkah laku induk yang keluar batas,lantaran kadangkala ada induk yang tak senang pada anaknya kadangkala mampu jadi induk pejantan/betina buang anaknya dari sangkar. Karena itu cara yang kita kerjakan yakni ambil anakan itu serta merawatnya sendiri.



Dalam perawatan anakan yang baru berusia lebih kurang 5-7 hari yang diambil dari sangkar, karena itu kita butuh tempat yang hangat, seperti kardus atau sangkar incubator buat jaga temperatur udara lantaran anakan amat rawan dengan temperatur udara luar.



Beri pakan natural berwujud kroto/jangkrik yang di gabung dengan voer halus. Beri pakan satu hari sedikitnya 3-5 kali sesuai sama keadaan burung masih lapar atau mungkin tidak. Perihal ini kita kerjakan lantaran kita jadi bebysister buat burung jadi mesti selalu jaga keperluan pakan serta gizi burung.



Cara perawatan anakan ini mampu sebagai pilihan biar induk mampu cepat produksi kembali lagi. Lantaran sifat induk murai yang gampang birahi buat bereproduksi. Bisanya dalam saat 1-2 minggu anakan murai diambil induk mampu mulai merapikan sangkar kembali lagi buat bertelur.



Perawatan anakan dijalankan sampai burung mampu makan sendiri, berubah dari voer basah ke voer kering, kemudian burung mampu dimasukkan sendiri-sendiri. Semestinya lihat juga : Teknik Langkah Melatih Mental Tempur Murai Batu Muda.




Langkah beternak burung murai batu kayaknya gampang, akan tetapi ketekunan serta kesabaran mesti serius anda mempunyai. Lantaran kesuksesan itu tidak instant,akan tetapi diperlukan proses. Jadi waktu burung yang anda ternak belum produksi dalam periode waktu 5-6 bulan itu lumrah,tak ada peternak yang mendadak sukses segalanya diperlukan proses serta perjuangan dengan gigih serta ketelatenan/ulet.

6. Recording
Recording adalah pencatatan semua data yang terkait dalam penangkaran. Hal utama yang mesti dicatat adalah data mengenai induk jantan dan betina (kalau ada, asal-usulnya, dibeli dari bird farm mana, dst), tanggal penjodohan, tanggal peneluran, tanggal menetasnya piyikan, dan sebagainya.

Setelah itu, Anda juga perlu membuat catatan untuk setiap piyikan sejak menetas, kalau perlu setiap piyikan langsung dikasih nama. Catatan ini mencakup tanggal menetas, siapa bapak dan ibunya, tanggal disapih, tanggal diloloh (kalau Anda menggunakan model handfeeding), dimasukkan ke kandang nomor berapa setelah muda, dan sebagainya.

Dengan catatan yang rapi seperti ini, Anda bisa berkomunikasi secara lebih baik dengan pelanggan atau calon pelanggan. Mereka pun menaruh kepercayaan penuh atas ketelatenan Anda dalam melakukan pendataan terhadap setiap anakan / burung muda yang dijual.

7. Branding

Branding dapat didefinisikan simpel jadi nama produk. Dalam soal ini, semenjak awal Anda butuh memikir nama penangkaran Anda. Umpamanya Jawara Bird Farm, atau apa saja namanya. Kalaupun cuma konsentrasi dalam penangkaran murai batu, tidak dengan menangkar type burung lain, Anda serta dapat memanfaatkan nama yang makin rinci,umpamanya Murai Sinar Bird Farm.



Utamanya, buat nama produk yang gampang dikenang dalam memory tiap orang. Ah, barangkali Anda makin jago dibanding saya dalam soal ini. Branding ini butuh diperkokoh dengan dua perangkat penting, yakni ring serta sertifikat.



Ring atau gelang / cincin yang dipasang di kaki burung dibutuhkan jadi ciri-ciri jika burung yang dibeli satu orang adalah burung hasil penangkaran, komplet dengan nama bird farm atau nama yang telah dibranding itu. 



Mengenai sertifikat begitu dibutuhkan untuk memperkuat ring (ditambah lagi saat ini banyak ring aspal). Dalam sertifikat ini Anda dapat tuliskan tanggal burung menetas, nama bird farm Anda, tanggal transaksi pembelian,serta diperlengkapi juga dengan stempel. Kalaupun burung sempat memenangi lomba, Anda lantas dapat menuliskannya dalam sertifikat.



Kehadiran sertifikat pun memberikan keuntungan konsumen, sewaktu satu waktu ia mau menjualnya kembali lagi faksi lain. Kalaupun ada apa-apa berkaitan dengan burung ini, faksi lain yang baru beli dapat diskusi langsung ke penangkarnya. Umpamanya, type pakan yang diberi pada waktu kecil atau muda



Tersebut penjelasan dari kami mengenai Beternak Burung Murai Batu. Serta semoga bisa berguna untuk anda semua, Mudah-mudahan artikel di atas berubah menjadi rujukan untuk yang mau ternak burung murai. Selamat coba mudah-mudahan sukses...,,Sallam kicau mania,,.

No comments :

Post a comment

JavaScript 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15