Rajajangkrik-Perlu Anda Tahu 2020, Tips Sukses Penangkaran Burung Branjangan

Rajajangkrik-Perlu Anda Tahu 2020, Tips Sukses Penangkaran Burung Branjangan

Burung Branjangan- Burung branjangan sebagai burung terpaporit dalam kata lain spesial di antara burung-burung type lain. lantaran burung ini sebagai burung vokalis yang punya bunyi benar-benar merdu serta punya bunyi jenis kristal,terkecuali itu di habitat aslinya burung ini punya model ciri khas yaitu berkicau sekalian terbang (hovering).Mereka bertumbuh biak di semak-semak tanaman,bahkan juga ada yang menggunakan lubang sampah untuk sarang bertelur.Kemungkinan lantaran tempat sarang biasanya di permukaan tanah, anakan banjangan yang belum dapat terbang demikian gampang diambil beberapa pemikat burung.Serta kalaupun menempati, ia bertambah suka di atas batu daripada cabang pohon. Burung branjangan ini punya nama latin Mirafrajavanica yaitu plasma nutfah asli indonesia meskipun didapati juga di Australia.



Burung branjangan punya populasi yang ringan sekali bertumbuh di habitat aslinya. Akan tetapi buat menangkarnya dalam rumah burung ini gampang-gampang sulit.Akan tetapi kita tidak usah berkecil hati, lantaran Burung yang punya kicauan merdu,beragam,volume nyaring, dibarengi model yang menarik ini tidak cuma lagi meriah di golongan kicau mania,akan tetapi sudah mulai sukses di tangkar beberapa branjangan mania.

 Burung branjangan merupakan burung terpaporit dengan kata lain istimewa diantara burung Rajajangkrik-Perlu Anda Tahu 2020, Tips Sukses Penangkaran Burung Branjangan

Nah,disisni kami akan coba memberikan beberapa Tips Sukses Penangkaran Burung Branjangan dan tetunya banyak hal yang harus di pelajari, termasuk kesungguhan, keuletan, ketelatenan dan tentunya kesabaran, khususnya bagi para pemula.Oleh karena itu,ikuti Tips sukses penangkaran burung branjangan di bawah ini.

Pemilihan Burung Indukan

Dalam penangkaran jenis burung branjangan sama seperti jenis burung lainnya , seleksi calon induk menjadi salah satu kunci keberhasilan. Demikian pula jika Anda ingin menangkar burung branjangan.
*  induk jantan dipilih yang sudah agak jinak, karena burung yang masih liar akan menyulitkan dalam penangkaran.
*  Indukan bisa dipilih burung yang memiliki postur tubuh besar, sehat, dan tidak ada cacat fisik.

*  Calon indukan jantan sebaiknya sudah berumur 1,5 tahun.

*  Calon indukan betina sebaiknya sudah berumur 1 tahun.
Umur ini cukup dianggap ideal, karena organ-organ reproduksi burung jantan dan betina sudah berkembang serta berfungsi sempurna.

Kandang Penangkaran Branjangan

Kandang untuk menangkarkan burung branjangan bisa berupa sangkar gantung, kandang battery yang digunakan untuk beternak burung lovebird atau bisa juga kandang aviary. Dan yang terpenting dinding terbuat dari jeruji kawat yang agak rapat (kecil).Ini agar hewan-hewan pengganggu seperti cicak dan tikus tidak leluasa masuk.


Walaupun tekhnis penangkaran branjangan tidak simpel, akan tetapi fasilitas serta prasarana yang penting disiapkan tidak serumit sewaktu Anda menangkarakan tipe burung kicauan lainnya, terpenting beternak burung murai batu serta ternak burung kacer. Tempat yang diperlukan tak perlu terlampau luas yang perlu, lokaci penangkaran relatif kalem serta burung tidak terusik oleh berseliweran manusia atau hadirnya binatang pengganggu seperti cicak, tokek, atau tikus. Kandang penangkarannya juga mampu dibikin dari kandang harian biasa.Sedang buat atapnya mampu pun jeruji kawat atau dari seng. Sebab branjangan tahan pada temperatur udara panas, baiknya atapnya 1/2 terbuka maka dari itu cahaya matahari mampu tembus ke kandang.



Buat meningkatkan kondisi biar makin wajar dalam kandang, Anda mampu mengimbuhkan beberapa tanaman rerumputan atau semak-semakan yang tidak begitu lebat. Sajikan pun wadah atau baki besar berisi pasir buat mereka mandi pasir / kipu, dan seonggok batu besar yang akan diperlukan jadi tenggerannya. Lalu di basic kandang ditebarkan alang-alang atau jerami yang telah kering, yang nanti akan diperlukan buat membuat sarangnya.

 Penjodohan

Proses perjodohan branjangan pada umumnya berlangsung siang hari. Branjangan jantan senang sekali ngleper di atas batu, sedang betina di bawahnya. Sinyal tanda penjodohan yang sangat terlihat merupakan sewaktu branjangan jantan kerap bawa alang-alang kering untuk bikin sarang. Kelebihan branjangan sewaktu bikin sarang tidak mesti pilih tempat yang disajikan oleh perawatnya. Saat penjodohan sampai bertelur tidak yakin.



Waktu yang dibutuhkan dari saat penjodohan sampai bertelur banyak variasi dari 3 – 15 hari, tergantung pada keadaan lingkungan di seputar penangkaran serta konsumsi gizi pakan.

Kendala Penjodohan: Dalam penjodohan burung untuk penangkaran, kesulitan utama adalah menyamakan masa birahi burung. Sebab, apabila burung tidak sama masa birahinya, maka penjodohan sulit dilakukan. Untuk itu, Anda perlu memberikan asupan pakan yang bisa memunculkan birahi burung, baik untuk jantan ataupun betina.

Dalam kaitan ini, disarankan Anda menggunakan multivitamin dan multi mineral yang dilengkapi dengan suplemen lengkap dan seimbang disertai bahan aktif yang bermanfaat untuk kebutuhan utama asupan makan burung indukan.

Pemberian Pakan Indukan

Untuk tempat pemberian makanan, sebaiknya dekat batu-batuan atau mudah dijangkau oleh perawatnya jika akan memberi makanan. Tujuannya agar branjangan yang sedang dalam masa penjodohan atau saat mengerami telur tidak panik. Meskipun branjangan bisa dijinakkan, tetapi kalau perawatnya terlalu kasar atau kurang hati-hati saat memasuki kandang, bisa saja branjangan tersebut mengalami stress.

Makanan yang disiapkan adalah tanaman padi, biji-bijian milet, walang atau jangkrik dan kroto. Padi sebaiknya ditebar begitu saja sehingga branjangan bisa ’ngasin’. Jika semua sarana itu tersedia, pasangan branjangan yang sudah birahi siap dilepas di kandang penangkaran buatan.

Aturan Dalam Pemberian Pakan
  *  Jangkrik diberikan sebanyak 10 – 20 ekor setiap hari.
  *  Kroto diberikan seminggu tiga kali.
  *  Ulat hongkong cukup 3 ekor setiap hari.
  *  Jangan lupa biji-bijian sebagai pakan utamanya.
  *  EF lain yang bisa diberikan adalah belalang dan undur-undur, untuk variasi nutrisi.

 Pengontrolan

Menangkar branjangan harus selalu dikontrol dan dibutuhkan ketelatenan perawatnya. Karena jika ada hewan pengganggu yang masuk, misalnya cecak, tikus, semut, atau ular; akibatnya bisa berbahaya.

Masa Pengeraman

Jika branjangan sedang mengerami telur, perawat harus sudah memperkirakan kapan kemungkinan akan menetas. Biasanya telur yang dierami menetas antara 10-11 hari. Pada saat menetas, harus cepat-cepat diamankan dari gangguan hewan lain. Yakni selalu dikontrol dan kandang dibersihkan dari hewan-hewan kecil. Sebab jika tidak cepat, akan didahului dan dimakan semut.

Meloloh

Branjangan bertelur di antara 3 sampai 4 butir. Namun kadang ada yang tidak jadi atau pecah. Waktu menetas atau saat indukannya meloloh piyik, jumlah makanan harus diperbanyak. Lantaran piyikan perlu energi yang banyak supaya bertahan hidup. Apabila piyik udah berusia beberapa waktu, perawat dapat amat sering keluar masuk kandang untuk mengatur perubahan piyik. Saat proses itu, branjangan jantan tampil bertambah aktif menemukan makanan, dan betina semakin banyak menanti di sarang.

Itulah sedikit bahasan tentang Tips Sukses Penangkaran Burung Branjangan semoga bermanfaat dan semoga sukses. ,,Sallam Kicau Mania,,

No comments :

Post a comment

JavaScript 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15